Panen Raya Demfram Desa Ngrandulor Di Hadiri Neng Ema Juga Bupati Jombang


22/8/2021


Jombang Koranpatroli Com;

Tanaman padi beberapa varian yang di tanam di area persawahan Desa Ngrandulor, yang merupakan program Demfram kini masuk masa panen.


Panen raya ini di hadiri Anggota DPRRI ( Ema Umiyatul Chusnah), Bupati Jombang ( H Mundjidah Wahab) beserta Humas Protokoler, PPL dari Malang, Kepala BPTP, Camat Peterongan, Kepala Desa Ngrandulor ( Rofiuddin) beserta perangkat dan Kelompok Tani maju Desa Ngrandulor, Kecamatan Peterongan, Kabupaten Jombang, Jawa Timur.



Giat panen raya tersebut di mulai sekira pukul 08.00 WIB sampai selesai, Sabtu ( 22/08/2021).


Bermacam – macam varian padi yang di panen diantaranya Padi Pamelen, Inpari 42, dan lainnya, yang manjadi tanaman unggulan disini padi Merah pulen, dan IR nutri zinc.


Neng Ema mengatakan pada awak media “,Panen raya ini Program dari Kementrian Pertanian dan di fasilitasi oleh BPTP Jawa Timur.


Demfarm ini ada 10 hektar 7,5 hektar untuk penangkaran ( bibit) sedang 2,5 hektar untuk konsumsi.


Ini merupakan padi fasilitas unggulan, dari beberapa varian yang paling saya tertarik yaitu IR Nutri zinc, yang mana padi Nutri zinc ini bisa di konsumsi oleh ibu hamil dan anak – anak untuk mencegah stanting .

 

“, Ini sangat menarik dan kami juga minta ada respon dari pemerintah daerah di masukkan untuk program, untuk pemberian beras nutri zinc ini pada ibu – ibu hamil melalui Posyandu dan melalui PKK, monggo untuk di serap hasil panen ini.


Dan kedepan benih – benih yang di hasilkan nanti juga bisa kita kembangkan, kita pasarkan yang mana kita panen hari ini dan kita belajar dari beliau – beliau.


“, Dan yang tak kalah pentinggya yaitu beras Pamelen yaitu Padi merah pulen yang mana beras ini untuk kesehatan dan ini juga untuk yang diabet juga untuk diet, ini juga kuwalitasnya bagus.


” Demfram ini bisa di rasakan manfaatnya bagi para petani dan mereka mendapatkan pengalaman yang luar biasa”, jelasnya.


Kepala Desa Ngrandulor juga menyampaikan “, Saya mewakili para petani dan Masyarakat desa Ngrandulor, menyampaikan rasa terima kasih pada pemerintah yang melalui Departemen pertanian, karena sudah menempatkan program demfarm di desa ini.


Para petani mendapatkan hasil yang memuaskan dengan menanam bibit unggulan dan saya berharap bibit yang di hasilkan dari para petani desa Ngrandulor ini bisa menembus pasar nasional “, ungkapnya.( Dd/hk

No comments

Powered by Blogger.