Tim Lanal Banyuwangi Sukses Mengevakuasi Hiu Tutul


Banyuwangi, Koranpatroli.com
Kerja keras anggota Lanal Banyuwangi, Lantamal V,  Kooarmada II bersama tim PLTU Paiton selama kurang lebih 3 Minggu akhirnya berhasil melepaskan Ikan Hiu Tutul atau Hiu Paus yang terjebak dari area Inlet Kanal PLTU Paiton Jawa Timur.

Kejadian tersebut sekitar tanggal 29 Agustus 2019, dimana satu ekor hiu Tutul/ Paus terlihat di Inlet dua. Setelah sempat terlihat, hiu tersebut kemudian menggilang lagi selama dua minggu. Kemudian tim lanal melalukan tindakan antara lain dengan cara seblang menggunakan bambu dibelakang ekor ikan. 

Namun usaha tersebut tidak berhasil lantaran tempatnya sangat luas, kemudian dari hasil rapat dan pantauan selama dua minggu akhirnya diputuskan pengusiran ikan hiu dengan menggunakan rubber boat.


Komandan Lanal Banyuwangi Letkol Laut (P) Yulius Azz Zaenal, S.H, M.Tr.Hanla, M.M melalui Pasops Lanal Banyuwangi Kapten Laut (P) Agung Suhendro memerintahkan Posal Mayangan dan Paiton memimpin langsung proses evakuasi terhadap Ikan Hiu Tutul/paus yang terjebak di kanal unit 5 PLTU Paiton.


Yulius menjelaskan, usaha evakuasi Ikan Hiu Tutul/Paus tersebut keluar kanal menuju laut lepas diperlukan metode khusus mengingat Ikan Hiu Jenis Hiu tutul/Paus ini merupakan Jenis yang di lindungi.


"Karakter Hiu Tutul/Paus ini tidak terlalu responsif maka dibutuhkan waktu yg cukup lama dengan persiapan yang matang dan juga teknik-teknik khusus agar Hiu Tutul/Paus yang terjebak ini dapat di evakuasi dengan aman dan selamat, kata Yulius."pungkasnya


Alhasil, pada Kamis 19 September 2019 pada pukul 13.00 Wib, Tim evakuasi Ikan Hiu Tutul/Paus yang terjebak dikanal unit 5 PLTU Paiton berhasil mengevakuasi ikan hiu Tutul/Paus tersebut dengan kondisi hidup dan lepas diperairan paiton. (git)

No comments

Powered by Blogger.