PESTA RAKYAT PILKADES UNTUK MEMILIH PEMIMPIN DI TINGKAT DESA SUDAH SELESAI


Sumenep_koran patroli.com. 7-11-2019,
Pesta rakyat pilkades untuk memilih pemimpin di tingkat desa sudah selesai. Untuk tahap pertama Pelaksanaan pilkades se kab.Sumenep berjumlah 226 desa yang meliputi Daratan dan sebagian kepulauan. Dalam Perjalan demukrasi tingkat desa menurut Rusydi Ketua Laskar Pemuda Ganding masih menyisakan banyak persoalan diantaranya:

Inkonsistensi Perbup bupati,perbup yang harusnya menjadi payung Hukum dalam.pelaksanaan Pilkades justru menjadi mala Petaka,pasalnya perbuatan tersebut di jadikan alat untuk menguntungkan Incumben dengan Sistem Point.

Bahkan perbub tersebut menjadi pintu masuk Konflik Sosial di akar Rumput.tidak selesai di situ perbub yang sudah di tanda tangani oleh bupati di anulir dengan Surat keputusan Sekda yang melangar secara hirarki hukum yang berlaku. Pada dasarnya pilkades sebagai implemtasi dari sistem demokrasi di negara indonesia samgat bagus,

Cuma yang perlu juga di pertimbangkan adalah pasca Pelaksanaa Pilkades,karena tidak jarang pasca Pulkades akan memunculkan konflik sosial yang cukup memperihantinkan,Contohanya adalah kompil yang ada di desa curuwen laok kecamatan batu putih. disisi lain untuk menjadi orang no satu di tingkat Desa biaya politiknya sangat Tinggi,hasil pengamat teman-Teman Laskar Pemuda Ganding misalnya di beberapa desa,Info yang Di himpun mereka memghabiskan kurang lebih sekitar 500.000 juta bahkan satu Miliar.hal itu masuk akal kalau kita hitung secara matematika 1 Suara di hargai dengan angka Rp.300.000 atau Rp.500.000 tingal kita kalikan klau misalnya jumlah penduduknya 3000.

 Harusnya pemerintah tidak hanya berpikir penyelengaraan pilkades secara serentak,tapi yang perlu di pikirkan pasca Pemilihan tersebut.Harusnya pemerintah sudah mulai berpikir di Tiadakan Cukup langsung penunjukan Pengawai Negeri Sipil di setiap desa.kami kira hal tersebut akan lebih Efektif kalau berbicara pelayan administrasi dan Program Desa. Kayak gtu dulu saya masih cari inspirasi mencari Sosok Pemimpin yang harapkan bisa memberikan pengayoman dan amanah.@ (sahawi)

No comments

Powered by Blogger.