Desa Penarungan Gede Gumatra Astawa Melangkah New Normal Dengan Kearifan Lokal

 Bali_Koranpatroli.com.(Badung) Seperti yang telah kita  ketahui bersama bahwa Kementrian Desa Pembangunan Daerah  Tertinggal dan Transmigrasi ( Kemendes PDTT) mengatakan penerapan protokol tatanan normal baru di tingkat desa dalam menghadapi pandemi covid 19 akan disesuaikan dengan kearifan lokal di masing masing desa.rabu,1/7/2020.

Dijelaskan oleh I Gede Gumatra Astawa,S.T,(Sekretaris Desa Penarungan) atas seijin I Wayan Narayana.S.T, selaku kepala Desa Penarungan Kecamatan Abiansemal Badung bahwa,warga Desa Penarungan telah melaksanakan langkah-langkah  kehidupan kebiasaan baru dalam suasana pandemi covid-19,yaitu warga membiasakan hidup sehat sesuai himbauan pemerintah, juga selalu mengikuti protokol kesehatan covid-19,"terang Gede Gumatra.

Desa Penarungan selalu mengimplementasikan semua new normal itu dengan tetap mengedepankan kearifan lokal.jadi tetap bertumpu pada akar budaya desa itu sendiri supaya tidak meleset atau kehilangan ciri khas desanya,"pangkasnya

Ditambahkan oleh Gede Gumatra dalam pertemuannya dengan wartawan media patroli.Com," Saya selalu memberi himbauan kepada warga Desa Penarungan ini agar selalu membiasakan diri berdisiplin,hidup sehat , selalu mencuci tangan menggunakan sabun dan    jgn lupa memakai masker,"tegasnya.

Lebih lanjut dikatakan Gede Gumatra dalam melaksanakan tugas di kantor desa selalu berpedoman pada Perbup kabupaten Badung No. 11 tahun 2017,tentang pelaksanaan, pengelolaan anggaran Dana desa,"terangnya.

Dijelaskan lagi,bahwa Desa Penarungan telah melakukan Bantuan Langsung Tunai DD (BLT DD) pengajuan 319. Setelah di adakan Seleksi dalam musyarawah desa khusus (musdesus). Verifikasi Terdapat 154.orang penerima BLT DD. Sejumlah 600x3 bulan total Rp 277.200.000.," pangkasnya.

Dikompirmasi ditempat terpisah, I Wayan Narayana,S.T., mengatakan ,"di tahun anggaran desa 2020, terkait pandemi covid-19 ini pihaknya telah melaksanakan refocusing kegiatan yaitu meniadakan kegiatan infrastruktur dan mengalihkan pada kegiatan percepatan pencegahan Covid -19 dan bersinergi antara relawan penanggulangan pandemi covid-19 desa penarungan dengan satgas gotong royong desa adat penarungan dan cemenggon,"imbuhnya.

Wayan Narayana menambahkan,bahwa di tahun 2021,pihaknya memiliki rancangan yang fokus pada pemulihan Covid-19 dan cara-cara dalam pemulihan ekonomi masyarakat kedepan,"Tutupnya.

Wartawan : Rudi media patroli.

No comments

Powered by Blogger.