Komisi Pemilihan Umum (KPU) secara resmi kembali melanjutkan pelaksanaan tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020



Jakarta_koran patroli.com. Mulai hari ini, Senin (15/6/2020). Tahapan Pilkada di Sumbar Dimulai Lagi Hari Ini, PPS dan PPK Diaktifkan. Tahapan Pilkada Dimulai Juni, KPU Berharap Masyarakat Juga Siap.

Keputusan tersebut dituangkan dalam surat keputusan Nomor 258/PL.02-Kpt/01/KPU/VI/2020 tentang Pelaksanaan Tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota pemilu serentak lanjutan tahun 2020.

“Menetapkan Pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota Serentak Lanjutan Tahun 2020, dimulai dari tahapan yang tertunda,” bunyi diktum pertama keputusan tersebut.

Dijelaskan dalam keputusan tersebut, tahapan yang tertunda meliputi:
-Pelantikan dan Masa Kerja Panitia Pemungutan Suara
-Verifikasi Syarat Dukungan Pasangan Calon Perseorangan
-Pembentukan dan Masa Kerja Petugas Pemutakhiran Data Pemilih; dan Pemutakhiran dan
-Penyusunan Daftar Pemilih.

Pilkada 2020 Digelar Desember, Tahapannya Kembali Bergulir Mulai Juni. Kemudian pada diktum kedua disebutkan pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota Serentak Lanjutan Tahun 2020 sebagaimana dimaksud dalam Diktum Kesatu dimulai sejak tanggal 15 Juni 2020.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) bersama Komisi II DPR, Kementerian Dalam Negeri, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) serta Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) telah menyepakati Pilkada 2020 akan digelar pada 9 Desember 2020.

Keputusan tersebut telah melalui berbagai pertimbangan baik saran, usulan dan dukungan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 melalui surat B-196/KA GUGUS/PD.01.02/05/2020 tanggal 27 Mei 2020. Meski demikian, seluruh tahapan hingga pelaksanaan pemungutan suara nanti harus dilakukan dengan protokol kesehatan Covid-19 dalam masa new normal.

Belajar dari pengalaman negara lain dan kemudian bagaimana menyiasatinya, Pilkada 2020 yang akan dilaksanakan pada Desember tetap kita laksanakan namun protokol kesehatan kita komunikasikan dan  koordinasikan,” ujar Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian. (team Jkt)

No comments

Powered by Blogger.