Orasi... masyarakat/ Aktivis Kawal Skandal Masker Raci Ricuh

PASURUAN_ koranpatroli.com, Polemik dugaan kasus masker yang melibatkan anggota DPRD Kabupaten Pasuruan terus mendapatkan sorotan publik. Siang ini (27/07) Aktivis Gabungan dari element GNPK-RI, Pemuda dan Mahasiswa itu menggelar aksi unjuk rasa di depan Gedung Dewan di 
 yang .
Massa yang hadir memulai aksinya dengan longmarch dari depan RSUD Bangil menuju Pagar depan gedung DPRD Kabupaten Pasuruan.
Aksi massa yang dipimpin oleh Ketua GNPK-RI Pasuruan Zulkarnain dan Korlap Ozzy melakukan orasi didepan massa yang membentangkan spanduk penuntasan kasus masker di Kabupaten Pasuruan.
Dalam orasinya, Zulkarnain menyampaikan tujuan aksi yang dilakukan dalam terik matahari itu. Dengan penuh agitasi dirinya menyebut aksi massa itu sebagai bentuk perlawanan terhadap upaya kolektif DPRD Kabupaten Pasuruan untuk menutupi kasus skandal masker yang melibatkan anggotanya.
“Kami menuntut agar Pimpinan menghadirkan Badan Kehormatan didepan Publik, kami ingin tahu siapa yang bermain untuk menutupi kasus skandal korupsi masker ini” Tegas Zulkarnain.
Advertisement
Selain itu, hal ini sebagai bentuk pengawalan kepada dana anggaran penanganan pandemi covid-19 yang gagal dilakukan oleh DPRD dalam fungsi pengawasannya.
Baca Juga :  BNN Kabupaten Kediri memberikan sosialisasi mengenai jenis dan dampak penyalahgunaan narkoba kepada ratusan siswa di MI A'yunul Huda
“Atraksi berubahnya putusan BK adalah indikasi kuat ada upaya manipulatif menghilangkan kasus ini, dugaan kuat pimpinan terlibat tidak bisa terelakan karena hingga hari ini pimpinan tidak berani menemukan kami dengan BK” Jelasnya.
Para aktivis itu sepakat bahwa Pimpinan tidak mampu memimpin kolokium sehat di raci, sehingga dalam tuntutannya massa aksi meminta Pimpinan untuk mundur dan dicopot.
Ozzy korlap aksi menyebutkan bahwa aksinya sempat bentrok dengan aparat. Hal tersebut lantaran aparat yang diturunkan menghadapi massa adalah tim siber begal.
“Kami memprotes jika aparat keamanan menyamakan kami gerakan moral civil society dengan begal. Kami tidak membegal disini, justru diracilah tempat membegal anggaran masker” Teriaknya dihadapan aparat kepolisian.
Masa aksi  Sehingga mereka membuat gerakan memblokade jalan pantura.
Advertisement
Hingga akhirnya pimpinan dewan Sudiono Fauzan menemui masa aksi di dekat jalan pantura. Namun karena target aksi adalah menemui BK maka masa aksi melakukan pengusiran terhadap pimpinan dewan.
Zulkarnain menjelaskan bahwa ada abuse of power yang melibatkan jaringan kekuasaan. Dirinya menyebutkan teori relasi struktural dimana Oknum anggota dewan inisial AS selaku pembina HIAS adalah anggota Komisi II dimana mitra kerjanya adalah Disperindag yang menaungi HIAS dan memploting 1 juta masker. Sedangkan AS adalah berasal dari Partai yang sama dengan kepala daerah dan pimpinan dewan.
Advertisement
“Jadi jelas, kenapa mereka mau menutup kasus ini, karena ada relasi struktural yang melibatkan kekuasaan. Maka tak heran putusan BK juga berubah” Tegasnya.
Koran patroli com,:Sepakati Permintaan Tiga Kepala Daerah Surabaya Raya untuk Akhiri PSBB dan Masuki Transisi Menuju New Normal Life
Masa aksi kemudian membubarkan diri, sedianya mereka akan menggelar aksi di Kejaksaan Negri bangil. Hal tersebut lantaran mereka menganggapNji kejaksaan telah kehilangan marwahnya dengan mendiamkan kasus masker ini.
“Kami akan menggelar akFCsi dengan massa yang lebih besar. Tentu setelah raci adalah kejaksaan, karena mereka kokoh dalam diam  tegasnya,(time, patroli)

No comments

Powered by Blogger.