Cegah Penularan Virus Covid 19, Polsek Panakkukang Rutin Laksanakan Operasi Yustisi

koranpatroli.com. Penyebaran Covid-19 yang semakin meluas di Kota Makassar membuat Polsek Panakkukang Polrestabes Makassar laksanakan pendisiplinan protokol kesehatan kepada masyarakat di Kecamatan Panakkukang.

Bersama-sama dengan TNI, Satpol PP, dan Nakes, Polsek Panakkukang selalu rutin melaksanakan Operasi Yustisi. Salah satunya yang telah dilakukan pada Kamis (01/10/2020).

Pelaksanaan operasi pada hari ini dengan sasaran masyarakat maupun pengendara sepeda motor yang melintasi wilayah Kelurahan Tello Baru Jl. Dr. Leimena.

Dari hasil Operasi Yustisi yang dilakukan terdapat 130 orang pelanggar yang terjaring razia Yustisi yang tidak menggunakan masker.

Sanksi yang diberikan yaitu berupa teguran lisan serta pencatatan identitas pelanggar.

Bila orang yang sama masih melakukan pelanggaran sanksi dapat ditingkatkan menjadi kerja sosial dan denda kepada pelanggar yang berulang.

Menyikapi hal itu Kapolsek Panakkukang Kompol Jamal Fathur Rakhman, SIK mengatakan operasi yustisi digelar sebagai bentuk keseriusan pemerintah kepada masyarakat yang tidak mematuhi protokol kesehatan.

Pihaknya tidak segan-segan untuk mengambil tindakan dengan memberikan sanksi berupa teguran lisan, tertulis maupun sanksi sosial lainnya di tempat pada saat operasi berlangsung.

“Tujuannya supaya masyarakat sadar untuk tetap disiplin untuk mematuhi protokol kesehatan bila keluar dari rumah dan beraktivitas sehari-hari," tuturnya.

Terkait hal tersebut Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Pol Ibrahim Tompo, S.I.K.,M.Si., menjelaskan Operasi Yustisi ini digelar tersebut untuk menindaklanjuti Instruksi Presiden RI dalam rangka peningkatan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan.

Selain itu operasi ini sebagai upaya untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 yang saat ini semakin masif diseluruh wilayah Sulsel.

"Operasi akan dilakukan di sejumlah lokasi dan sasaran utama adalah klaster COVID-19, lokasi keramaian dan fasilitas umum," kata Kabid Humas

Dirinya mengajak kepada seluruh warga masyarakat, Sulsel dalam beraktivitas di luar rumah untuk selalu menerapkan disiplin protokol kesehatan.

“Mari kita biasakan menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. Sehingga dapat menekan dan mengendalikan penyebaran COVID-19," ungkap Kabid Humas.

Ia menambahkan Polda Sulsel dan jajaran akan melaksanakan sinergitas dengan pemerintah daerah khususnya membantu, mendukung, mendampingi, mendorong dan sekaligus mengawasi Dinas maupun instansi terkait dalam melaksanakan tugas dan kegiatan penertiban protokol kesehatan.

No comments

Powered by Blogger.