Balai Kartini Melakukan Terminasi Program PK-PDI di Kecamatan Gondang Kabupaten Nganjuk Jawa Timur

 Nganjuk_KoranPatroli.com

NGANJUK, 15 Desember 2020 - Balai Besar Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Intelektual (BBRSPDI) “Kartini” di Temanggung melakukan kegiatan Terminasi Program Penguatan Keluarga Rehabilitasi Sosial pada penyandang disabilitas intelektual di Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur 15 Desember 2020 bertempat di Pendopo Kecamatan Gondang Nganjuk. 

Sebanyak 45 orang Penerima Manfaat (PM) yang berasal dari 12 desa kecamatan Gondang mendapatkan pendampingan dan bantuan kemandirian. Mereka didampingi oleh sembilan orang kader yang rutin melakukan pendampingan seminggu sekali. Dalam pendampingan tersebut kader memberikan pengetahuan, pendidikan dan melatih keluarga tentang perawatan dan pengasuhan yang tepat untuk penyandang disabilitas intelektual.

Kegiatan terminasi tersebut dihadiri oleh kepala Dinas Sosial PPPA, perwakilan dari aparat desa, pemerintah kecamatan Gondang kabupaten Nganjuk. Sementara itu dari balai kartini Temanggung di wakili oleh kepala Bidang Layanan teknik Rehabilitasi Sosial, Proboretno Kuncororini. Dalam sambutannya kepala Dinas Sosial PPPA, Drs. Nafhan Tohawi, SH, MH sangat mengapesiasi kepada balai kartini, orangtua/keluarga dan kader pendamping atas kepeduliannya memperhatikan kepada masyarakatnya yang mengalami penyandang disabilitas intelektual di wilayahnya, semoga pendampingan dan bantuan yang diberikan bermanfaat bagi penerima manfaat, keluarga dan masyarakat. Lebih lanjut beliau menyampaikan bahwa di kabupaten Nganjuk masih banyak penyandang disabilitas intelektual yang belum mendapatkan pelayanan serupa oleh karena itu beliau mengharapkan kepada balai kartini dapat memberikan program-program lainya. Dinsos berjanji dalam waktu dekat akan menyediakan data disabilitas intelektual by name by address. 

Sementara itu ibu Proboretno Kuncorini, yang mewakili kepala BBRSPDI “Kartini” di Temanggung menyampaikan, bahwa kegiatan PK-PDI untuk tahun 2020 secara tahun anggran sudah selesai, oleh karena itu diadakan terminasi, beliau menyampaikan ucapan terima kasih kepada pemangku kepentingan, masyarakat dan orangtua, atas kerjasamanya, yang memberikan dukungan sehingga kegiatan PK-PDI di kabupaten Nganjuk dapat berjalan dengan baik. Selanjutnya beliau berpesan kepada orangtua dapat melanjutkan teknik teknik pendampingan yang telah diberikan oleh para kader pendamping, dan kemudian untuk pembinaan lanjutan diserahkan kepada pemerintah daerah dalam hal ini Dinas sosial PPPA. Dalam kesempatan tersebut balai kartini Temanggung menyampaikan sertifikat kepada para kader pendamping sebagai tanda pengargaan atas kepeduliannya terhadap permasalahan sosial khususnya dalam pendampingan terhadap penyandang disabilitas intelektual dan keluarga di lingkungan tempat tinggalnya. Pada kesempatan tersebut juga diserahkan secara simbolis bantuan bertujuan berupa ternak kambing kepada penerima manfaan dan keluarganya, setelah sebelumnya penyaluran batuan diberikan melalui cash transfer ke atas nama masing masing penerimama sebesar dua juta rupiah melalui rekening Bank BRI.

Testimony perwakilan dari orangtua, bahwa setelah mengikuti pendampingan PK-PDI anaknya terdapat perubahan yang lebih baik dari sebelumnya, sekarang anaknya semakin mandiri tidak seperti sebelumnya, sudah memiliki aktivitas rutin, setiap pagi tidak disuruh sudah melaksanakan tugasnya bisa tanggung jawab pada dirinya sendiri, bisa mandi dan gosok gigi sendiri, cuci piring, cuci baju, menyapu lingkungan rumah dengan bersih, bahkan dengan mendapat bantuan bertujuan berupa ternak kambing tanggung jawab sosialnya lebih baik lagi, setiap pagi dan sore membersihkan kandang dan memberikan pakan pada ternaknya, semakin percaya diri, mau bersosialisasi dengan lingkungan tempat tinggalnya.  

Sementara testimony kader yang diwakili oleh Budi Apriati Puspaningnisih, menyampaikan bahwa dengan adanya pendampingan PK-PDI dari balai kartini Temanggung orangtua saat ini telah memiliki keterampilan cara merawat dan mengasuh, memberikan pendampingan terapi dan membantu mengembangkan bantuan bertujuan bagi anaknya.


Penulis :

peksos BRSPDI "Kartini" Temanggung

No comments

Powered by Blogger.