LAPK Siap Bantu Permasalahan-permasalahan Hukum Yang ada Di masyarakat, ini menurut Sekjen DPP LAPK

 Cipatat, Bandung barat_koranpatroli.com


Dalam bentuk perhatian kepada DPC LAPK (Lembaga Advokasi  pertanahan dan kehutanan) Kabupaten Bandung barat, Dewan Pimpinan pusat LAPK melakukan kunjungan silaturahmi Halal bihalal setelah hari raya idul fitri, Bertempat di Kantor DPC LAPK, jalan Rajamandala cipatat-cibogo sabtu (29/5/2021) 


Kegiatan tersebut bertujuan supaya meningkatkan kerja sama dan kebersamaan agar selalu bersinergi antara DPP LAPK bersama DPC LAPK. Kegiatan tersebut dihadiri Sekjen DPP LAPK (Dadah junaedi SH) para advokat, ketua DPC (ibang setiawan SH) juga para pengurus DPC LAPK kabupaten Bandung barat. 

Menurut Sekjen DPP LAPK (Dadah junaedi SH) saat diwawancarai media patroli, Lembaga advokasi pertanahan dan kehutan lebih pokusnya terhadap permasalahan-permasalahan yang menyangkut masalah Lahan tanah dan kehutanan," Ujar Dadah junaedi. 

 Selain itu kata Dadah, LAPK siap membantu warga masyarakat  memberikan pengarahan, pendidikan latihan masalah Hukum-Hukum pertanahan biar masyarakat bisa lebih cerdas dan lebih mengerti bagaimana mekanisme antara, hak-hak tanah adat, tanah negara jangan sampai timbul persoalan," Ungkapnya.

"Nah disinilah LAPK hadir  kepada masyarakat memberikan penyuluhan-penyuluhan hukum mengenai pertanahan, selain itu juga LAPK punya konsen terhadap masalah Perhutani kehutan, selama ini saya lihat kurang lah kepedulian terhadap masalah-masalah kehutan, padahal sebenarnya masalah hutan itu suatu persoalan yang sangat penting, disini karena hutan itu merupakan paruhnya kota, sekarang hutan-hutan seperti di wilayah Bandung timur atau Bandung Barat, dulunya itu daerah resapan habis gunung dijadikan perumahan, sekarang banyak hutan-hutan beralih pungsi menjadi hutan-hutan beton, nah itu kita sangat prihatin, bagaimana generasi yang akan datang dan harus kita pikiran," Tandasnya. 

Masih kata Dadah, "Dalam rangka hal ini maka LAPK mempunyai program-program yang bisa bekerja sama dengan pemerintah dengan intansi terkait dengan Badan pertanahan nasional, dengan Perhutani itu kita bisa berpola bermitra dengan cara memberikan  edukasi terhadap masyarakat maupun membantu pemerintah dalam melestarikan lingkungan hidup, menyelesaikan masalah-masalah di masyarakat menyangkut pertanahan, mungkin itu menjadi tujuan dan fokus dari LAPK itu sendiri," Ujarnya. 

Menurut Sekjen LAPK, LAPK juga bukan hanya membantu masalah hukum di pertanahan tapi juga bisa membantu permasalahan hukum yang lain. Karena di LAPK itu ada suatu bidang, bidang advokasi hukum nah itu menyangkut masalah-masalah perbankan, masalah-masalah ya pokoknya masalah yang menyangkut hukum baik perdata maupun pidana LAPK memberikan bantuan juga atau menerima, dan juga Konseling pada masyarakat," Tuturnya.

Selain di Kabupaten Bandung barat di Jawa barat LAPK sudah terbentuk di tiap kabupaten kota, karena LAPK baru berdiri selama satu tahun. 

"Kami sudah merencanakan yang secara definitif ya, ini di Bandung barat, Subang, garut, purwakarta, sumedang, cianjur, sukabumi, tasik, Bogor, kurang lebih ada 8 DPC di Jawa Barat itu yang baru terbentuk karena kita baru berjalan 1 tahun ini," Ucapnya. 

Lanjut ia, Berharap LAPK bisa eksis, bisa memberikan pelayanan-pelayanan bantuan hukum terhadap masyarakat, yang dibutuhkan oleh masyarakat terutama menyangkut pertanahan dan kehutanan, dan juga masalah-masalah sertifikasi itukan menjadi persoalan di masyarakat, ada yang sudah sekian puluh tahun belum selesai, nah itulah mengedukasi kepada masyarakat bagaimana hal ini jangan sampai terjadi, selain itu diharapkan DPC kabupaten Bandung barat ini bisa lebih maju dan lebih kondusif, dan juga didalam ke organisasian lain sebagainya menjadi suatu sinergitas dengan DPC dan DPP," Pungkasnya.

Terpisah ketua DPC LAPK KBB (ibang setiawan) kepada media patroli menjelaskan terkait kegiatan halal bihalal yang baru dilaksanakan antara pengurus DPC dan DPP adalah untuk menjalin silaturahmi dan kebersamaan pengurus dan anggota LAPK. 

"Kami telah melaksanakan kegiatan halal bihalal barusan, antara pengurus DPP dan DPC dimana ini merupakan suatu strategi untuk mengikat tali silaturahmi antara pengurus dan anggota," Tuturnya. 

Lanjut ia, "Karena besik atau profesi kita sebagai advokasi makan dari itu ini merupakan lembaga yang dikatakan elegan lah, sehingga dengan adanya organisasi ini bisa menjadi salah satu lembaga yang diperhitungkan dan bisa membantu masyarakat dalam proses peradilan hukum," Ucapnya. 

"Kami berharap LAPK ini kedepannya bisa besar kususnya di Bandung Barat, tidak mungkin bisa mengembang ke lain, sehingga LAPK Bandung Barat menjadi Barometer untuk daerah-daerah lain, juga berharap kami di Bandung barat bisa membantu permasalahan-permasalahan hukum di masyarakat," Imbuhnya. 

Sekedar Menambahkan kepada pengurus juga anggota LAPK kabupaten Bandung barat dimohon untuk bisa solid kompak, dan selalu bersinergi apapun yang terjadi di internal maupun di external harus bisa bekerja sama dan menjalin kebersamaan," Pungkasnya. 

Reporter: Asep cahyana.
Editor.     : Muhendi.S.Kom.i

No comments

Powered by Blogger.