LAHAN EKS TAMBANG DITANAMI KOPI LIBERIKA.

 


Damar-Koranpatroli.com  Siswa SMA Negeri 1 Damar turut serta dalam kegiatan Penanaman 300 bibit Kopi Liberika di lahan bekas tambang timah Desa Mengkubang Kecamatan Damar, Minggu (6/6/21). Kegiatan ini dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, yang diperingati setiap 5 Juni.   Ke ikutsertaan siswa SMA N 1 Damar dalam kegiatan ini dalam rangka meningkatkan kepedulian Generasi muda terhadap kelestarian lingkungan. Tidak sendiri, Siswa SMA Negeri1 Damar juga berkolaborasi dengan UPT Balai Pembenihan Kecamatan Damar, Kecamatan Manggar, Perpustakaan Alam Kek Tapa, Kupi Belitong Kik Tapa dan Karang Taruna Desa Mengkubang.
“Dalam kegiatan ini siswa tidak hanya sebatas melakukan penanaman bibit kopi, tetapi siswa juga diajarkan bagaimana cara merawat tanaman dan sharing untuk pengembangan potensi alam,” ungkap Kepala SMA 1 Damar,Riskan.  Beltim, Minggu (6/6/21).   



Melalui kegiatan ini, Riskan berharap siswa dapat menimba ilmu dan membuka wawasan mereka untuk berinovasi, baik bagaimana cara mereka merencanakan dan mengalami proses, serta memiliki keterampilan dalam menciptakan produk ramah lingkungan dari bahan alam. “Apa yang mereka dapat dari kegiatan ini dapat diterapkan di sekolah. Tidak menutup kemungkinan dengan kolaborasi yang sudah terjalin ke depan SMA N 1 Damar berupaya untuk menjadi sekolah yang ramah lingkungan,” harap Riskan.
Sebagai pendidik, Riskan menyatakan sangat mendukung apa yang dilakukan siswa untuk masa depan dalam menciptakan produk kewirausahaan yang ramah lingkungan. Dia juga berterima kasih atas dukungan dan bantuan dengan instansi terkait serta komunitas peduli lingkungan seperti perpustakaan Alam Kek Tapi dan Kupi Belitong Kik Tapa. “Harapan kami ke depan sekolah kami dapat membentuk insan  pendidikan yang  berkarakter baik, peduli dan cinta lingkungan, mampu berinovasi dalam pelestarian lingkungan dan memiliki pandangan ke depan dengan terus berkarya mengembangkan alam,” kata Riskan.

Ketua Karang Taruna Desa Mengkubang Kecamatan, Defri menambahkan selain utk memperingati Hari Lingkungan Hidup, Tujuan utama kegiatan ini  adalah untuk menanamkan sejak dini rasa cinta terhadap lingkungan di kalangan remaja.“Apalagi daerah kita termasuk daerah pertambangan yang membutuhkan sikap bijaksana dari semua komponen dalam pengelolaan lingkungannya. Oleh karena itu, kami berharap sikap bijaksana itu dapat tumbuh dari usia remaja anak  anak SMA,” ujar Defri. (@2!/SUYANI).

Editor : Muhendi.S.Kom.i

No comments

Powered by Blogger.