INGIN MEKAR, DESA PADANG MANGGAR BENTUK PRESEDIUM



Manggar-Beltim, Koranpatroli.com– Wacana pemekaran Desa Padang Kecamatan Manggar terus menguat. Tim formator atau presedium komite pembentukan desa pemekaran baru pun mulai terbentuk.



          Jika pemekaran disetujui, nantinya Dusun Pancur I, Dusun Pancur II serta Dusun Mangarawan akan membentuk desa baru. Sedangkan komplek perkantoran pemerintah terpadu tetap berada di bawah Desa Padang Induk, bersama dengan Dusun Padang I, Padang II, dan Urisan Jaya.      


          Dalam rapat pembentukan Presedium komite pemekaran Desa Padang di Gedung Serba Guna Desa Padang, Sabtu (3/7/21) Malam, undangan hadir yang merupakan tokoh masyarakat, anggota BPD dan Perangkat Desa Padang sepakat untuk memekarkan Desa Padang. Mereka pun menunjuk Mukram Jumie sebagai Ketua Presedium Pemekaran Desa Padang.


          “Sebenarnya wacana pemekaran ini sudah sejak 2013-2014 lalu. Saat itu kita sempat sudah membuat presedium dan melengkapi persyaratan yang ada, namun karena adanya moratorium pemekaran desa dari pemerintah pusat, jadi tertunda,” ungkap Ketua Presedium Mukram Jumie.


          Menurut Jumie mayoritas masyarakat Dusun Pancur I, Pancur II, dan Manggarawan sangat menginginkan adanya pemekaran. Terlalu luasnya wilayah Desa Padang dan kian meningkatnya jumlah penduduk menuntut kebutuhan terjadinya pemekaran desa.


          “Kita bisa melihat pertambahan penduduk yang pesat, terutama di Manggarawan dan Pancur II. Ditambah lagi luas wilayah Desa Padang ini yang paling terluas di Kecamatan Manggar, untuk memudahkan pelayanan maka kita sepakat untuk pemekaran,” ujar Jumie.


          Apalagi saat 2014 lalu, hampir 3.000 warga di Dusun Pancur I, Pancur II dan sebagian Urisan Jaya sudah setuju dengan pemekaran. Persetujuan ini ditandai dengan pembubuhan tandatangan secara masal, yang masuk dalam kelengkapan persyaratan.


         “Kita ingin wacana ini segera terwujud. Mudah-mudahan tahun 2021 ini sudah bisa terlaksana,” harap Jumie. (SUYANI).

No comments

Powered by Blogger.