Ngobrol Penuh Inspirasi Bareng Bang Sandi Dan Bupati Jombang Mundjidah Wahab 11 /8/ 2021



Jombamg Koranpatroli Com;

 Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf)RI Sandiaga Salahuddin Uno (Bang Sandi) dan Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab mengajak masyarakat untuk “Ngopeni Sajadah”. Kata ini kepanjangan dari “Ngobrol Penuh Inspirasi Bareng Bang Sandi Dan Bu Nyai Mundjidah” yang momentumnya bertepatan dengan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1443 H. 



Ngobrolnya Bang Sandi dan Bupati Jombang Nyai Hj. Mundjidah Wahab yang diwakili oleh Sekdakab Jombang DR H. Akh. Jazuli, SH, MSi ditengah pandemi Covid19  yang penuh inspirasi ini dilakukan secara virtual dari ruang Jombang Command Center Kantor Pemkab Jombang, Selasa (10/8/2021) malam dengan tema Harmony In Religious And Cultural Diversity.


Bu Nyai Mundjidah yang malam itu diwakili oleh Sekdakab Jombang H. Akh Jazuli mengawali obrolannya dengan berpantun ria. Batik Ijo Setelane Abang, Candi Rimbi Nang Pulosari. Sugeng Rawuh Ten Kutho Jombang,Kutho Santri Yang Penuh Inspirasi. Ludruk Jombang Iku Ngangeni, Lakone Besut Karo Rusmini. Jombang Kuthone Para Santri, Monggo Bang Sandi Pinarak Wonten Mriki 


Dalam webinar tersebut,  Sekda Jazuli mengulas tentang arah kebijakan Kabupaten Jombang terkait Potensi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) di kabupaten Jombang. Acara ini juga disiarkan secara live streaming di kanal YouTube Channel Jombangkabtv, zoom meeting dan disiarkan langsung di radio Suara Jombang 104.1 FM, sehingga bisa diikuti, disaksikan dan didengarkan masyarakat luas diberbagai media yang dikelola oleh Dinas Kominfo Kabupaten Jombang. 


Sejak menakhodai Kemenparekraf di Kabinet Indonesia Maju sejak akhir 2020 lalu, Bang Sandi berupaya keras menjadikan sektor pariwisata dalam membantu kebangkitan ekonomi masyarakat. Terlebih di masa pandemi Covid-19 ini. Bang Sandi menyebut salah satu destinasi yang memiliki potensi besar adalah wisata berbasis budaya. Pesannya, ditengah pandemi Covid 19 agar Parekraf di Kabupaten Jombang  bangkit kembali,  masyarakat Jombang jangan lelah  untuk terus berinovasi, adaptasi dan berkolaborasi.


Hal itu selaras dengan salah satu program prioritas yang diusung Bu Nyai Mundjidah Bupati Jombang dan Sumrambah Wakil Bupati Jombang  Setidaknya, masa kepemimpinannya, Bupati perempuan pertama di Kota Santri ini telah melakukan langkah dengan memberikan stimulus kepada 7.831 UMKM, Hibah Sarana Prasarana Usaha 1.028 KRTP, Fasilitasi Perizinan Usaha & Sertifikasi Produk, Peningkatan SDM melalui Pelatihan/Bimtek serta terus berupaya untuk mendorong pengembangan Desa Wisata. Tak hanya itu, pembangunan dan pengembangan wisata religi, wisata budaya juga turut disentuh untuk mewujudkan Jombang Yang Berkarakter Dan Berdaya Saing.


’’Dengan ngobrol bareng bersama Bang Sandi sosok pengusaha muda sekaligus Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI ini, Parekraf di Kabupaten Jombang diharapkan akan kembali bangkit di tengah pandemi Covid-19 yang belum berakhir ini, dan mendapatkan pendampingan yang terbaik ’’tutur Sekdakab Jombang


Dalam webinar virtual malam itu selain diputarkan selayang Pandang Parekraf Kabupaten Jombang juga dipaparkan Potensi dan Komoditas Unggulan Kabupaten Jombang serta memberikan kesempatan kepada pelaku usaha Parekraf, untuk menyampaikan aspirasinya. Diantaranya seperti  Desa Wisata Ngampungan, oleh Cak Rohan (Kades Ngampungan, Kecamatan Bareng). Desa Wisata Made, oleh Ning Winarsih (Kades Made, Kecamatan Kudu). KUB Hasta Karya Jombang oleh  Cak Purwanto dan Assosiasi Kopi Wonosalam oleh  Cak Muhammad Edi Kuncoro (dari Rubath Kopi Jombang). 


Dalam aspirasinya Rohan, Kades Ngampungan, Kecamatan Bareng memaparkan sekilas Desa Wisata Ngampungan Pemerintah Desa Ngampungan yang sedang merintis menjadi Desa Wisata. Dengan mengoptimalkan sumber daya masyarakat, dia berharap bisa menciptakan kemandirian dan peningkatan perekonomian masyarakat desa. Salah satu upayanya adalah mengembangkan Wisata Pandansili, sebuah destinasi wisata kolam renang peninggalan Belanda, yang menggunakan sumber air alami yang terus men

No comments

Powered by Blogger.