Camat Ngamprah Tinjau PPM Saung Maggot, Pemberdayaan Sampah Di Daur Ulang Menjadi Maggot



Ngamprah, Bandung barat_koranpatroli.com


Camat kecamatan ngamprah Agnes  virganty S.Stp. M.Si. beserta staf jajarannya meninju langsung pemberdayaan maggot PPM Saung Maggot yang berada di Kampung Bojongkoneng Landeuh, Desa Bojongkoneng jum'at (03/09/2021), untuk mengetahui proses pengolahan sampah hingga menjadi maggot tersebut.


Kegiatan peninjauan tersebut di hadiri staf ahli pembangunan Rini sartika, Dinas lingkungan hidup, Dinas pertanian dan pertahanan pangan juga dari Dinas perternakan turut hadir. 



Kepada awak media patroli.com camat ngamprah Agnes virganty S.Stp. M.Si. sangat bersyukur di wilayah kecamatan ngamprah memiliki Bank sampah, sampah bisa di daur ulang di Berdayakan menjadi maggot. 


"Alhamdulillah pada kesempatan hari ini kami dari pemerintah kecamatan ngamprah, ada hadir dari staf ahli Bu rini, dan dapat dukungan dari dinas lingkungan hidup, dinas pertanian dan pertahanan pangan, dinas Peternakan juga PKK darma wanita yang antusias datang," Ucap Agnes. 


"Surat edaran dari Bapak Plt hengky kurniawan. Bupati Kabupaten Bandung barat terkait dengan pilah sampah organik dan An Organik kemudian B3, dan kecamatan juga memastikan bahwa desa ini memiliki bank sampah misalnya untuk memilah mana yang bisa di kompos di daur ulang ataupun di reduksi sehingga tercipta zero waste untuk sampah ini,” tutur Agnes. 


Sehingga, lanjut Agnes dikemudian hari ketika Kecamatan Ngamprah khususnya Desa Bojongkoneng lebih baik.


“Seluruh desa juga ya dapat menjadi sentra edukasi untuk pemilahan sampah ini kedepan dan meningkatkan tarap hidup ekonomi masyarakat karena bisa jadi rupiah,” tambahnya.


Masih kata Agnes,, "pihaknya pasti turut mendukung program dari kabupaten ada dari DLH, DPKP, Dinas Peternakan dan Perikanan dimana kegiatan-kegiatannya adalah untuk pemilahan sampah yang akan meningkatkan tarap hidup masyarakat di kemudian hari," katanya. 


“Semoga saja bisa pembiayaannya juga agar lahannya lebih representatif. Insya alloh dengan dukungan dari pemerintah Kabupaten tentunya kita berkolaborasi dengan pentahelix,” tandasnya.


Di tempat yang sama Ketua PPM Saung Maggot Asep Saepuloh mengucapkan terima kasih kepada jajaran pemerintah Kecamatan Ngamprah serta perwakilan perwakilan Pemerintah Daerah Kabupaten Bandung barat yang mengunjungi langsung tempat pengolahan maggot.


“Terima kasih kepada Bu camat serta perwakilan Pemda Setempat ini sangat luar biasa, saya sangat mengapresiasi sebagai ketua PPM Saung Maggot dalam hal ini, ini akan menjadi support yang sangat luar biasa kedepannya dan ini akan menjadi tenaga yang lebih buat kami PPM Saung maggot terus berkarya dan berkreasi juga berinovasi untuk membantu pemerintah dalam mensukseskan zero waste tahun 2025. Karena kita punya moto bersama kita bisa, mengolah sampah jadi berkah, mengolah sampah jadi rupiah,” tuturnya. 


“Cita-citanya kami ingin Kecamatan Ngamprah ini satu-satunya kecamatan dari 16 Kecamatan jadi sentral maggot karena saya cinta Bojongkoneng, saya juga sebagai putra daerah cinta Ngamprah,” pungkasnya. 




Reporter: Asep cahyana.

Editor : Muhendi. S. Kom.i.

No comments

Powered by Blogger.