Kodim 0609 Cimahi Sukses Menggelar Kegiatan Vaksinasi Di Desa Jati Dan Saguling Dengan Tema "Program Patroli Vaksin.



Bandung barat_koranpatroli.com


Dalam rangka gebyar mempercepat program vaksinasi sesuai target Bupati kabupaten Bandung barat (KBB), kodim 0609 Cimahi bekerja sama Dinas Kesehatan puskesmas saguling juga pemerintah Desa, menggelar kegiatan vaksin dari tanggal 12/10/2021 sampai 5 hari ke depan di wilayah saguling. 


Terpantau awak media koranpatroli.com rabu 13/10/2021 Dandim 0609 Cimahi bersama Camat kecamatan saguling (Asep jarkasih) meninjau kegiatan vaksinasi yang di adakan di Desa jati dan desa saguling. 



Kepada koranpatroli.com Dandim 0609/Cimahi (Letkol Infantri tody Wahyudi) mengatakan dalam rangka kegiatan gebyar vaksin untuk mempercepat sesuai target Bupati. 


"Kegiatan yang kami laksanakan ini dalam rangka mempercepat pencapaian vaksin sesuai dengan target pak Bupati 100% pada tanggal 12 November tahun 2021 ini, makanya kami disini dari kodim 0609/Cimahi, kami tentunya berkeinginan untuk menyukseskan program dari Bapak Bupati tersebut," tuturnya


"Makanya kami disini meluncurkan program namanya " Program Patroli vaksin " Jadi kami melaksanakan program vaksinasi secara menyapu atau sweping vaksin dari desa ke desa, kebetulan kami mempunyai wilayah di 5 kecamatan mulai dari kecamatan Rongga, kecamatan cipongkor, saguling, cipatat dan cipeundeuy. Dan hari ini kami berkesempatan melaksanakan di dua desa yaitu desa jati dan saguling," Ungkap Dandim 0609/Cimahi.



"Bisa dilihat disini kami menyiapkan 20 team, masing-masing team bergerak ke tiap Rw, dengan cara seperti ini kami harapkan masyarakat lebih tergugah ikut menyukseskan program ini," Paparnya. 


Untuk stok vaksin kodim 0609/Cimahi sementara menyiapkan 5000 vaksin dan nanti kalau kekurangan sudah siap berkoordinasi dengan Kesdam 3 siliwangi. 


"Untuk stok vaksin saat ini yang ready dipergunakan adalah 5000, tapi nanti kami juga sudah berkoordinasi dengan Kesdam 3 siliwangi dan dinas kesehatan KBB, vaksin itu siap untuk di stok lagi kalau seandainya terjadi kekurangan, jadi intinya kami mempunyai stok vaksin yang tidak terbatas," Imbuhnya. 


"Kami dari pihak pemerintah dari TNI/Polri  berusaha untuk mendekat dengan masyarakat, kami melaksanakan kegiatan vaksinasi langsung dor tudor menuju ke RW bahkan menuju ke Rt kami sudah berupaya mendekatkan jarak sedekat mungkin dengan masyarakat, saat ini kami harapkan tinggal dari masyarakatnya, vaksinasi sudah dilaksanakan di depan pintu rumah masing-masing marilah dengan kesadaran sendiri, dengan sukarela dengan iklas datang ke titik-titik yang telah kita siapkan," Pungkasnya.


Di tempat yang sama kepala desa jati Imas Nurhayati kepada media patroli.com walaupun kegiatan vaksin dadakan tapi warga masyarakat saat antusias datang berbondong-bondong ke kantor desa jati. 


"Alhamdulillah walaupun ini kegiatan vaksin dadakan antusias warga masyarakat desa jati begitu luar biasa, walaupun tadi ada sedikit mis komunikasi antara petugas yang dari kodim, adapun pihak puskesmas, kita sudah steambay disini kita nunggu dari kodim, ya terjadilah antrian panjang dan alhamdulillah bisa di atasi karena kita taat Prokesnya di jaga apapun itu, alhamdulillah sampai saat ini sudah 80% persen hadir ke desa jati, bahkan untuk warga yang dosis dua, itu udah pada bertanya apakah boleh sekarang katanya,?? 

Tapi kata dokter katanya bisa setelah beres vaksin dosis satu," tandasnya. 


Masih kata kades jati jumlah keseluruhan yang telah mengikuti vaksin dari awal sampai sekarang warga masyarakat jati sudah 60%.


Menurut Imas Nurhayati warganya hampir semua mengikuti vaksin, "Termasuk tadi, sampai ibu lihat ada antrian yang Bapak bapak sudah lanjut usia, sampai dia menyesal tidak jadi di vaksin, karena faktor kesehatannya, dan rata-rata yang lanjut usia faktor tensi darahnya tinggi," Pungkasnya. 


Menambahkan ketua BPD desa jati (Aep mulyana) suksesnya warga masyarakat desa jati pada datang mau di vaksin itu karena semua jajaran pemerintah desa jati bersama BPD sering memberi pemahaman ke masyarakat tingkat Rt-Rw," Katanya.


Dari Desa jati awak media koranpatroli.com selanjutnya menuju wilayah desa saguling yang mendapat kabar kegiatan vaksinnya dilaksanakan di tiap Rw/dusun.


Terpantau awak media patroli.com kepala desa saguling Lia mutiara tampak bersemangat berkeliling ke tiap Rw meninjau warganya yang lagi vaksinasi, menurut Kades saguling kepada patroli.com.


"Kegiatan vaksin di desa saguling kebetulan memang, kita ingin mencapai target di angka 75% untuk posisi saat ini masyarakat saguling sudah 56% pas di hari ini, memang intruksi di ambil alih sama Dandim kebetulan di desa saguling ada 5 titik tempat vaksinasi, alhamdulillah di angka 1.500 untuk satu hari ini tercapai," Ujar Lia. 


"Harapan saya tentunya untuk masyarakat desa saguling, semuanya yang termasuk sasaran vaksin  harusnya memang 100% ikut vaksin lah, tapi memang ada skrining, ada warga masyarakat yang kesehatannya tidak di perbolehkan ikut vaksin, seperti darah tinggi, dan penyakit bawaan lainnya," kata Lia. 


Lia mutiara menambahkan, Untuk di desa saguling sendiri warga masyarakat sangat antusias mengikuti vaksin tampa paksaan, karena mungkin hasil dari jajaran pemerintah saguling yang sering memberi pemahaman pendekatan terhadap masyarakat," Pungkasnya. 

Reporter: Asep cahyana.

No comments

Powered by Blogger.