Rabat Cor Bahu Jalan Dusun Legarang Desa Brambang Diwek, Tebal Cor Tidak Sesuai Perencanaan.




Jombang,koranpatroli.com



Miris melihat pekerjaan cor beton bahu jalan yang berada dilokasi Dusun Legarang Desa Brambang Kecamatan Diwek Kabupaten Jombang, sebab tebal cor dilapangan 7 cm tetapi tebal cor dalam perencanaan bestek 10 cm.


Saat awak media koranpatroli.com cek serta ukur langsung panjang serta tebal cor tersebut, dan diketahui untuk panjang sisi timur 284 meter tebal 7 cm, panjang sisi barat 245 meter dan lebar dua versi yaitu 140 cm dan 200 meter serta tebal cor 7 cm.



Setelah melakukan pengecekan dan dihitung volumenya, bahwa volume realisasi dilapangan pada pekerjaan cor bahu jalan tersebut ialah 56,74 M3, total tersebut sesuai ukuran panjang, lebar dan tebal dilokasi pekerjaan.


Dari hasil investigasi dilokasi pekerjaan dan mengkonfirmasi pada Nara sumber yang tidak mau dipublikasikan namanya, mengatakan pada media, Senin (11/10/2021).


"Saat proses pembuatan spesi beton itu, pihak pelaksana pekerjaan telah mencampur spesi tersebut dengan campuran agregat abu batu, untuk mengurangi koefisien volume penggunaan Semen Portland (PC)" kata nara sumber.


Mengetahui hal itu, awak media koranpatroli.com mencoba konfirmasi ke Kades Brambang Nur Rochmah, S.PSi. Senin (11/10/2021) dan mengatakan pada media "kalau terkait teknis dan perencanaan maupun pelaksanaan, biar konfirmasi ini dijawab oleh pihak terkait saja, karena yang tau TPD dan Kaur Perencanaan" ucap Kades Brambang.



Kaur Perencana Desa menjelaskan saat dikonfirmasi "didalam perencanaan, kita buat ketebalan cor jalan itu 10 cm, kalaupun didalam pelaksanaan tidak sesuai dengan perencanaan, biar ketua TPD yang bisa menjelaskannya, untuk bisa ketemu ketua TPD hari Kamis saja kembali ke Kantor Desa untuk konfirmasi lebih lanjut" jelas Kaur Perencana pada media.


Dari hasil keterangan pihak Kaur Perencana Desa Brambang, kuat dugaan bahwa volume pekerjaan tidak sesuai dengan bestek perencanaan yang sudah dibuat dan sudah menjadi RAB untuk anggaran biaya yang dikerjakan.


Dan anggaran yang dialokasikan untuk pekerjaan cor beton bahu jalan 2 sisi tersebut senilai Rp 122.926.000 (seratus dua puluh dua juta sembilan ratus dua puluh enam ribu rupiah), dari sumber Dana Desa (DD) tahun 2021.


Nilai anggaran sebesar itu dan untuk pekerjaan cor beton non tulangan, harga bahan dan analisa harga satuan patut dipertanyakan, berapa harga per kubik untuk pekerjaan tersebut, kuat dugaan bahwa harga satuan yang dijadikan acuan oleh pihak Perencana, lepas dari harga HSPK yang di sah kan oleh SK Bupati Jombang tahun 2021.


Untuk nilai anggaran dan volume pekerjaan dilapangan, patut disoroti dan dipertanyakan pada pihak Pemdes Brambang, terkait dugaan pengurangan volume pekerjaan dan harga satuan analisa yang di aplikasikan untuk item pekerjaan cor tersebut. (hdk).

Editor : Ester Mardiana.p

No comments

Powered by Blogger.