Tak Bikin Boros Gas, inilah Tris Merebusnya, Hanya 14 menjt saja.

 


koranpatroli.com _Kacang hijau biasa diolah jadi bubur ataupun dicampurkan dengan berbagai menu sup. Kacang-kacangan satu ini mengandung banyak manfaat untuk tubuh, lho. Dilansir dari healthline.com, kacang hijau tinggi vitamin, mineral, dan antioksidan buat mencegah stroke, melancarkan pencernaan, menguatkan imun tubuh, dan lain-lain.Kacang hijau yang masih mentah dikenal punya tekstur cukup keras. Kamu pun harus merebusnya dulu sampai empuk sebelum diolah jadi hidangan favorit. Tetapi, proses perebusan kacang hijau ini biasanya berisiko membuat gas jadi boros, karena biasanya memerlukan waktu hingga berjam-jam.Namun, mulai sekarang kamu nggak perlu khawatir boros gas lagi karena ada trik merebus kacang hijau dari warganet di akun TikTok @rd_amran.

Usut punya usut, trik merebus kacang hijau ala warganet yang diketahui emak-emak tersebut hanya membutuhkan waktu 14 menit, lho. Meski begitu, kacang hijau tetap bisa empuk bak direbus berjam-jam.

Trik merebus kacang hijau agar empuk.Pertama, cuci bersih kacang hijau, kemudian rendam di dalam wadah berisi air selama 1 malam penuh. Yup, proses merendam inilah kunci supaya kacang hijau tak perlu lama-lama direbus nantinya. Keesokan harinya, buang air rendaman dan cuci kacang hijau satu kali lagi dengan air bersih.

Setelah itu, baru rebus kacang hijau di dalam air mendidih. Campurkan kacang hijau dengan bahan-bahan seperti daun pandan, santan, dan garam sesuai selera. Tetapi, pastikan kamu memasukkan gula di pertengahan atau akhir proses merebus, ya. Karena gula disebut-sebut bikin kacang hijau sulit empuk.

"Jangan menambahkan gula sembarangan, kacang hijau tidak akan merekah jika ditambah gula saat dimasak sehingga kacang hijau sulit untuk empuk, gula boleh ditambahkan saat kacang hijau sudah merekah," tegas pemilik akun TikTok @rd_amran, dikutip BrilioFood pada Selasa (5/3).

Tak sampai situ saja, teknik merebus kacang hijau juga harus diatur. Pemilik akun TikTok @rd_amran menjelaskan, kamu bisa menggunakan metode 7:30:7. Lebih tepatnya, kacang hijau direbus 7 menit, didiamkan 30 menit dalam keadaan api kompor mati, lalu rebus kembali selama 7 menit. Jadi, total proses merebus hanya membutuhkan waktu 14 menit saja.

Gimana, trik merebus kacang hijau ini nggak bikin boros gas kompor, kan? Mengintip unggahan TikTok @rd_amran, memang belum terdapat komentar dari warganet, tapi video ini sudah mendapat antusias lebih dari 3.000 viewers, lho.(**)


Editor : Ester Mardiana. P


No comments

Powered by Blogger.