Pungli Berkedok "INFAQ" Dan Pengadaan Bahan Seragam Akan Muncul Disetiap PPDB.

                  Ester Mardiana. P/ Wartawan



Koranpatroli.com_Maraknya Pungli (Pungutan Liar) yang berkedok infaq dan pengadaan bahan seragam kerap kali muncul disetiap PPDB ( Penerimaan Peserta Didik Baru ) atau Tahun ajaran baru. Hal tersebut terjadi bukan saja di satu wilayah, akan tetapi hampir diseluruh Indonesia. 


Seperti halnya yang terjadi di wilayah Jawa Timur. Pada tiap Tahun ajaran baru, wali murid harus mengeluarkan anggaran yang sangat fantastis dan variatif , dari pembelian bahan seragam untuk beberapa stel, buku paket, Administarsi tiap semester, hingga membayar uang gedung yang dikemas dengan menggunakan  nama infaq, insidental, atau partisipasi Masyarakat. 


Dari beberapa runtutan pembiayaan tersebut pihak Sekolah mengemas dengan Bahasa lain agar terhindar dari pungli, yang pada akhirnya Sekolah akan cuci tangan dan berlindung pada komite Sekolah.


Sementara itu, "INFAQ" berdasarkan pandangan umum adalah merupakan harta yang disedekahkan atau dikeluarkan oleh seseorang dengan sukarela berdasarkan kemampuan dan niatnya. Jika dalam infaq ditentukan nominal maka itu hanya sebuah pengalihan saja. (opini publik) 


Oleh : Ester Mardiana. P

No comments

Powered by Blogger.