Pelatihan UMKM DISNAKER KOP DAN UKM Kab. Nganjuk

Nganjuk, koranpatroli.com - Pemberdayaan tenaga kerja wirausaha baru mulai masakan olahan dan keripik olah yang di ikuti oleh 20 orang peserta dari Desa Kutorejo Kec . Kertosono yang mayoritas adalah ibu² rumah tangga.

Pelatihan yang di adakan oleh Disnaker kop dan ukm Kab. Nganjuk dengan pembina Ibu Marsini,SE ini di tutup hari Minggu (03/11/19) Oleh Drs. Agus Frihannedy,Msi selaku Kepala Dinas terkait.

Dengan adanya pelatihan ini masyarakat di harapkan mampu berkreasi dan berinovasi dalam bidang Kuliner agar bisa bersaing secara global di pasar modern di era globalisasi sekarang ini.

"Diharapkan nanti setelah ini mereka mampu menciptakan kreasinya inovasinya dalam hal masak yg sudah di ajarkan. setelahnya mereka bisa menjadi wirausaha baru. tentunya kalau terkait dengan olahan keripik ini sudah akan kita sentuh dengan kegiatan² yang sifatnya untuk membantu mereka. artinya kalau mereka sementara ini curah itu nilai jualnya kan murah. nanti kita labeling,kemasan,packaging sehingga nanti termasuk juga balai POM nya kita cukupi sehingga mereka bisa nanti memasarkan produknya sendiri." Tutur Kadis Drs. Agus Frihannedy.Msi kepada koranpatroli.com sebelum memulai acara penutupan pelatihan.

Lebih lanjut Beliau menyampaikan "tekad Dinas Tenaga Kerja Koperasi dan UKM meningkatkan program²nya setara dengan produk pabrikan,otomatis kami harus menggeber mulai dari sertifikasi artinya mereka masuk ke pasar modern itu kan sudah semacam standarisasi tertentu itu harus kita (Beri) juklak (Petunjuk Pelaksanaan.)"

"insyaallah 2020 juga akan kita sentuh lagi sehingga jangan sampai temen² yang sudah kita latih ini endingnya kurang bagus, jadi terus kita push (dorong) terus " sambung Beliau

Untuk rencana selanjutnya DISNAKER KOP & UKM Nganjuk juga akan  mengadakan pelatihan anyaman di kecamatan Kertosono . Pesertanya di prioritaskan Anak²  Karang Taruna yang di ambil dari seluruh Desa² di wilayah Kecamatan Kertosono.

"Supaya karang taruna paling tidak setelah mendapat ketrampilan mereka bisa menjadi enterpreuner sejati dan ini sangat kita harapkan. Generasi muda itu mensetnya sudah beda dengan yang tua² . Jadi lompatan² pemikiran utamanya tersentuh oleh IT itu lebih mengena untuk menjadi enterpreneur hebat." Jelas Drs. Agus Frihannedy,Msi.

Perlu di ketahui juga sampai detik ini produk² hasil pelatihan program ukm yang sudah masuk ke pasar modern ada 17 UKM dan hampir 70 produk yang sudah masuk ke Toko² swalayan seperti Transmart Kediri dan  Prima swalayan Nganjuk. untuk yang bisnis online sekitar 100an. (Sari)

No comments

Powered by Blogger.