Apel Kesiapsiagaan Bencana, Kapolres : Bangun Kesadaran Masyarakat Dalam Mengantisipasi Bencana

Bali.koranpatroli.com.Kapolres Bangli AKBP I Gusti Agung Dhana Aryawan, S.I.K.,M.I.K., bersama Komandan Kodim 1626/Bangli Letkol Inf. Himawan Teddy Laksono, S.I.Kom., M.Tr (Han) Pimpin apel Kesiapsiagaan mengatisipasi bencana alam di lapangan Apel Mapolres Bangli, Sabtu (4/1).

Apel kesiap siagaan tersebut diikuti oleh para Pejabat Utama serta anggota Polres Bangli, Anggota Kodim 1626/Bangli, BPBD Kabupaten Bangli, Dinas Pemadam Kebakaran, Dinas Perubungan, Dinas Kesehatan dan Sat Pol PP Kabupaten Bangli.

Dihadapan ratusan peserta apel Kapolres Bangli membacakan amanat Kapolda Bali yang menyampaikan situasi terkini terkait cuaca maupun kondisi alam saat ini sulit untuk di prediksi sehingga datangnya bencana alam tidak dapat disadari untuk itu diharapkan Polri sebagai Pelindung, Pengayom dan Pelayan Masyarakat perlu melakukan langkah-langkah proaktif untuk membantu masyarakat jika terjadi bencana alam.

Selain itu dalam upaya penanggulangan terjadinya bencana Kepolisian dituntut untuk mengerti situasi sebelum terjadi bencana, saat terjadi dan setelah terjadinya bencana, bencana alam tidak dapat di cegah untuk itu sebagai petugas sudah sepatutnya siap siaga dan tanggap bencana serta bersinergi dengan instansi terkait untuk meminimalisir dampak yang ditimbulkan.

Kapolres Bangli juga menambahkan secara geografis untuk wilayah Bangli termasuk daerah rawan terjadinya bencana hal tersebut dikatakannya berkaca pada kejadian tanah longsor di wilayah Kintamani pada tahun 2017 lalu hingga menimbulkan belasan korban jiwa, untuk mengatisipasi hal tersebut dirinya berharap dapat membangun kesadaran masyarakat dalam mengantisipasi bencana melalui peran Bhabinkamtibmas dan Babinsa.

“Dalam apel kesiap siagaan ini kami menekankan kepada para Bhabinkamtibmas serta Babinsa untuk membangun kesadaran masyarakat dalam mengandisipasi jika terjadi bencana alam sehingga meminimalisir adanya korban terutama korban jiwa,”ujarnya.

Perwira berpangkat melati dua ini menjelaskan dalam apel kesiapan ini juga pihaknya bersama instansi terkait menggelar sarana prasarana untuk memastikan peralatan yang akan di gunakan siap pakai sehingga dapat membantu masyarakat dengan cepat dan tepat.

“Belakangan di wilayah Bangli sering terjadi hujan dengan curah hujan ringan hingga sedang untuk itu seluruh personel diharapkan siap siaga dalam bertindak jika terjadi bencana alam, termasuk siap untuk menggunakan sarana prasarana yang di siapkan,”tandasnya.

Disisi lain hal serupa juga dikatakan Dandim 1626/Bangli Letkol Inf. Himawan Teddy Laksono, S.I.Kom., M.Tr (Han) dirinya mengatakan Potensi Bencana alam yang kemungkinan bisa terjadi diwilayah Bangli diantaranya letusan gunung berapi, gempa bumi, tanah longsor, banjir, angin putting beliung serta kebakaran hutan, maka dari itu Apel ini sangat penting untuk mengigatkan kita semua pentingnya kesiap siagaan dalam menanggulangi bencana alam.

“Dengan Apel ini kami bisa membangun sinergitas, kerja sama untuk kepentingan Masyarakat, Bangsa dan Negara, untun itu kami berharap seluruh hadirin dapat menjaga kesiapan fisik, mental dan peralatan sehingga siap untuk membantu masyarakat,”tandasnya.(MPG)

No comments

Powered by Blogger.