Disparbudpora Sumenep Mulai Seleksi hari terahir dan Penjaringan Peserta Paskibraka Tahun 2020

SUMENEP_koran patroli.com. Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke – 75 tahun 2020 ini, Dinas Pariwisata, Budaya, Pemuda dab Olaharaga (Disparbudpora) Kabupaten Sumenep, mulai melakukan penjaringan peserta Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka).
Berdasarkan informasi dihimpun, pendaftaran peserta Paskibraka yang bertugas sebagai pengibar dan menurukan bendera pusaka nanti pada hari proklamasi kemerdekaan RI itu, di Kabupaten Sumenep melalui Disparbudpora telah membuka pendafataran peserta mulai 14 hingga 16 Februari 2020.

“Pendaftaran sudah dibuka mulai kemarin (Jumat, 14/2/2020), ternyata yang mendaftar membludak, hari pertama jum,at 14/2 sudah mencapai 162 pendaftar. Sedangkan hari ke dua  saptu 15/2  255 pendaftar. Total keseluruhan 417 pelajar yang mendaftarkan diri di kantor disparbudpora terang Subiyakto, SH, MH, Kabid Pora di Disparbudpora Sumenep kepada media ini. Sabtu (15/2).

Lebih lanjut, Subiyakto menjelaskan, dalam proses seleksi pendaftaran peserta Paskibraka itu terbuka untuk semua siswa dan siswi SMA/SMK/MA negeri ataupun swasta se Kabupaten Sumenep. “Semuanya boleh daftar, tapi harus memenuhi syarat yang sudah ditentukan,” jelasnya pula.

Bahkan menurutnya untuk menjaga profisonalitas dan seleksi yang sehat dalam penjaringan tersebut pihaknya menggandeng TNI dan Polri serta PPI sebagai panitia seleksi.
“Seleksi awal cek kesehatan, diantaranya; pemeriksaan gigi, varises dan tes Jasmani. Adapun kreteria lainnya untukk dapat lolos seleksi adalah, verifikasi berkas dan tinggi badan,” paparnya.

“Untuk tingkat Provinsi tinggi badan Putri harus 165 CMdan putra 170 CMkeatas sedangkan berat badan 50 Kg sampai 55 KG. Sementara untuk tingkat kabupaten tinghi badan peserta putri minimal 160 sedangkan untuk putra 165 dengan berat sama dengan tingkat Provinsi,” paparnya pula.
Dijelaskan pula, dalam proses seleksi nanti yang akan diambil dan dinyatakan lolos sebagai Paskibraka adalah 74 peserta untuk Paskibraka Kabupaten. Sedangakan yang akan dikirimkan ke tingkat provensi hanya 3 peserta Putra dan 3 peserta Putri.

“Kami harap nanti peserta yang lolos seleksi dapat mengemban tugasnya dengan baik sebagai Paskibraka pengibara bendera pusaka merah putih. Kami juga pastikan seleksi ini berjalan dengan selektif dan benar, serta tidak berbau KKN atau berhubungan dengan sifat kekeluargaan, sehingga tidak timbul bahasa titipan,” harapnya.sahawi

No comments

Powered by Blogger.