Kapal Miring, Kapolres Karangasem Langsung Melakukan Pengecekan


Bali_Koranpatroli.com.(Karangasem). Pada hari Jumat (12/6/2020) pukul 21.50 wita dari Dermaga 2 Pelabuhan Padangbai KMP Darma Rucitra III mengalami kemiringan dan gagal sandar yang diduga disebabkan oleh kebocoran lambung kapal yang dimasuki air sehingga mengakibatkan keseimbangan kapal menghilang dan miring kesebelah kiri.

Keterangan dari salah satu ABK Kapal KMP Dharma Rucitra III atas nama Ganda Diputra, Lakis, 25th, alamt Banyuwangi Jawa Timur “pada pukul 17.00 wita KMP Dharma Rucitra III berangkat dari Pelabuhan Lembar dan berselang waktu 2 jam meninggalkan Pelabuhan Lembar Kapal memgalami kemiringan yang diseabkan oleh kebocoran lambung kapal, sehingga kru kapal mengoprasikan pompa air sejumlah 5 buah untuk mengurangi debit air yang masuk ke kapal” ungkap Ganda Diputra.

“Sehingga Pada pukul 21.50 wita kapal sampai di areal Perairan Dermaga 2 Pelabuhan Padangbai ketika berusaha melakukan manufer untuk sandar dan ketika hampir berhasil sandar kapal tersebut semakin miring serta mengalami kegagalan mesin sehingga lambung kapal menyetuh dasar dermaga 2 Pelabuhan Padangbai” tambah Ganda Diputra.

"Jumlah penumpang yang di evakuasi sebanyak  60 orang, Dari kejadian tersebut seluruh penumpang berhasil diefakuasi Nihil adanya korban jiwa serta sudah mendapat penanganan Medis oleh Petugas Kesehatan Pelabuhan serta untuk kapal dan muatan yang Karam di Dermaga 2 Pelabuhan Padangbai mendapat tindak lebih lanjut. ," ujar Kapolres Karangasem AKBP Ni Nyoman Suartini, S.I.K., M.M.Tr.

"Proses evakuasi dari tim gabungan TNI & POLRI, TNI AL ( BKO Marinir Pelabuhan), Polairud Polres Karangasem, Polsek Pelabuhan Padangbai, Tim Sar,  Instansi terkait yang ada di pelabuhan Padangbaiai," kata AKBP Ni Nyoman Suartini.

Selanjutnya Kapolres Karangasem melaksanakan koordinasi dengan Instansi Terkait untuk penanganan penumpang yang telah di evakuasi serta penanganan kapal yang karam di dermaga 2 pelabuhan padangbai agar dermaga 2 kembali dapat difungsikan serta tidak menghambat proses bongkar-muat agar tidak menimbulkan kepadatan di Pelabuhan Padangbai.

Editor.   : Turmudi
Sumber : Humas Polres Karangasem

No comments

Powered by Blogger.