Desa Adat Bedha I Nyoman Suratha : Disiplin Diri Menuju New Normal

Bali_Koranpatroli.com (Tabanan). Desa adat merupakan kesatuan masyarakat hukum adat berdasarkan filosofi Tri Hita Karana yang berakar dari kearifan lokal sad kerthi, dengan dijiwai ajaran Hindu dan nilai nilai budaya serta kearifan lokal yang hidup di Bali, sangat besar peranannya dalam pembangunan masyarakat ,bangsa,dan negara sehingga perlu di ayomi, dibina,dilindungi,serta dikembangkan guna mewujudkan kehidupan Krama Bali yang berdaulat secara politik, berdikari secara ekonomi dan berkepribadian dalam kebudayaan.(senin,12/7/2020).

Dijelaskan oleh Ir. I Nyoman Suratha. M.T. selaku Bendesa adat bedha desa Bongan kecamatan Tabanan,dalam melangkah menuju kehidupan normal baru ini,  kita jangan selalu terfokus pada satu aspek saja dalam hal ini aspek kesehatan yaitu menghindari penularan covid-19, akan tetapi aspek ekonomi juga perlu diperhatikan juga," tegasnya.

Lebih lanjut,dikatakan aspek ekonomi juga penting diperhatikan karena masyarakat dalam kondisi ekonomi terpuruk setelah pandemi covi-19 ini, tidak menutup kemungkinan mereka juga menjadi stres, depresi karena di putus hubungan kerja (PHK).Nah oleh sebab itu pemerintah mengambil kebijakan dengan program penyaluran bantuan seperti : PKH, BPNT, BLT DD, BST kementrian/Kemensos, BLT APBD, sembako APBN, sembako APBD, yang kesemuanya itu sudah di atur dalam perundang undangan serta tehnis pelaksanaannya, upaya ini dilakukan demi terciptanya masyarakat sejahtera dan kondusif," pungkasnya.

Nyoman Suratha menambahkan bahwa pihaknya telah menyalurkan bantuan kesejahteraan kepada para sulinggih, resi, empu pemangku kayangan tiga, serta masyarakat umum yang layak untuk diberi bantuan sosial,sesuai Pergub nomer 34 tahun 2019 tentang pengelolaan keuangan desa adat,"terangnya.

Disuasana kehidupan menuju normal baru ini, desa adat bedha selalu menghimbau kepada warga masyarakat untuk selalu berdisiplin diri tetap jaga kesehatan mengikuti protokol covid-19 yaitu rajin cuci tangan,selalu pakai masker dan sosial distancing itu semua di upayakan agar memutus mata rantai menularan covid -19 sesi dua," imbuhnya.

Setelah dikompirmasi oleh wartawan media patroli.Com di tempat kerjanya , Nyoman Suratha mengatakan bahwa Bendesa adat bedha telah meresmikan kreamatorium Santa Graha yang berlokasi di desa dinas Pangkung tibah Kediri Tabanan,bagi seluruh warga masyarakat Bali ini merupakan salah satu tempat untuk pengabenan umat Hindu dharma, untuk kantor sekretariat dan informasi di jalan kebo Iwo Banjar tampeh Kangin desa Pangkung tibah,"tutupnya.

Wartawan : Rudi media patroli.

No comments

Powered by Blogger.