Wujudkan Desa Belalang Dengan Wisata Pantai Kedungu Yang Serasi

Bali_Koranpatroli.com (Tabanan) Sebuah desa wisata dibentuk untuk memberdayakan masyarakat agar dapat berperan sebagai pelaku langsung dalam upaya meningkatkan kesiapan dan kepedulian dalam menyikapi potensi desa yang memiliki lokasi daya tarik wisata di wilayahnya, masyarakat mendapatkan peran sebagai tuan rumah yang baik bagi para wisatawan yang berkunjung serta mempunyai kesadaran akan peluang  menangkap manfaat dari kegiatan pariwisata ini untuk meningkatkan kesejahteraan  ekonomi desa Belalang. Kamis,16/7/2020.

Luas wilayah desa Belalang 2,68km2 dengan jumlah penduduk  2,557 jiwa. Desa Belalang terdiri atas 5 Banjar yaitu Banjar Kebilbil, Banjar Pacung, Banjar Dangin Jelinjing, Banjar Dauh Rurung, Banjar Kedungu.

Salah satu destinasi wisata yang ada di desa belalang yaitu pantai kedungu yg terletak di br.kedungu desa belalang kecamatan Kediri Tabanan.pantai Kedungu ini sudah populer dengan keindahan pasir alami dan bendungan muara yang menghubungkan air sungai ke laut menjadikan daya tarik tersendiri bagi pengunjung domestik. Untuk  touris mancanegara pantai kedungu ini diakui memiliki spot terbaik untuk berselancar karena ombak sangat bagus baik untuk belajar serta yang sudah pro bermain selancar.

Disampaikan oleh I Made  Mustika.S.H,.Selaku kepala desa belalang kecamatan Kediri Tabanan,bahwa pihaknya telah melakukan langkah langkah atau penataan seperti lahan parkir yang memadai, pembuatan taman-taman yang memberikan rasa sejuk bagi pengunjung,dibangunnya beton dipinggir pantai berfungsi menahan abrasi ombak, disiapkan kursi memanjang menghadap pantai sebagai tempat duduk sekaligus melihat keindahan alam laut pantai, serta bekerjasama dengan masyarakat Desa Adat untuk keamanan pantai Kedungu.

Made Mustika mengatakan," Biasanya suana hari Minggu /hari libur lainnya  di lokasi pantai mulai rame pengunjung baik pengunjung lokal atau wisatawan asing.mereka bisa melepas penat setelah kesibukannya dalam rutinitas kerja sehari-hari, disuasana pantai kedungu biasanya cocok untuk refreshing,karena pantai kedungu ini memiliki daya eksotik alam yang mempesona ditambah pemandangan muara air sungai yang indah menarik,"paparnya.

Lebih lanjut Made Mustika mengatakan," pihaknya dalam mengelola obyek wisata pantai Kedungu ini, bersama desa adat dan desa dinas dalam pengembangannya di bantu dari swadaya masyarakat desa, semua itu bertujuan untuk menambah atau meningkatkan pendapatan asli desa demi kesejahteraan ekonomi desa Belalang yang mandiri,"terangnya.

Setelah dikonfirmasi wartawan media patroli.Com Made Mustika di ruangan kerjanya mengatakan pihaknya telah menyalurkan bantuan langsung tunai DD.(BLT DD). Sejumlah ,64 KK penerima dengan nilai 600.000. X3 bulan pada periode pertama dan 300.000 x3 bulan pada periode Kedua Dengan total Rp.115.200.000,- + Rp. 57.600.000,- = Rp. 172.800.000,-

Desa belalang juga memiliki badan usaha milik desa (BUMDES Bumilang Jaya Lestari), berupa pertokoan yang menyediakan alat alat rumah tangga,alat kantor  ,menyedia jasa transfer antar bank,penitipan pembayaran PDAM,jasa Samsat online dll. Selain itu ada juga yayasan TK Wira Bhuwana yang di kelola desa,yang berencana akan ditambah sekolah pendidikan anak usia dini (PAUD)," jelas Made Mustika.

Ditambahkan oleh Made Mustika," bahwa desa belalang mempunyai misi yaitu melalui pelayanan prima kita wujudkan desa belalang maju aman sejahtera unggul bersatu dan bermartabat. Dalam implementasinya dengan tempo yang sesingkatnya kami akan menjadikan belalang ini desa wisata yang maju dengan mengelolaan yang baik dan mempersiapkan menejemen yang kuat sehingga tercapai apa yang menjadi harapan warga masyarakat desa belalang yaitu desa maju dan mandiri,"tutupnya.

Wartawan: Rudi media patroli.

No comments

Powered by Blogger.