Wujudkan Desa Cemagi Yang Maju Dan Mandiri Dengan SDM Yang Berkwalitas, Berdaya Saing

Bali_KoranPatroli.com (Badung) Sistem pertanian organik  bisa menjadikan sebuah pilihan bagi para petani desa Cemagi karena selain biaya harga yang ekonomis dan sangat baik untuk kesehatan tubuh, sebab tak ada sisa bahan kimia dalam buah-buahan yang di konsumsi, walaupun butuh waktu agak lama untuk menunggu panen tapi masyarakat mulai paham arti sebuah kesehatan.

Pertanian merupakan salah satu sektor penting dalam perkembangan perekonomian masyarakat Indonesia yang mayoritas mata pencaharian sebagai petani. Minggu,26/7/2020.

Dijelaskan oleh Si Ketut Wirama.SH. Selaku kepala Desa Cemagi Kecamatan Mengwi Badung bahwa pihaknya akan memaksimalkan atau mengoptimalkan pertanian organik dan akan mengubah pola pemahaman masyarakat yang sudah ada apalagi pertanian organik ini sangat baik untuk kesehatan tubuh karena hasil dari pertanian  tanpa adanya bahan kimia,"Tegasnya
Lebih lanjut dikatakan pertanian organik dari prospek secara ekonomi sangat menguntungkan karena ada perbedaan harga.apalagi jika biaya pemenuhan pupuk organik bisa dipangkas melalui pembuatan pupuk sendiri dengan memamfaatkan limbah-limbah  yang ada disekitar kita dan pengelolaan tong sampah terpadu memproses sampah menjadi berkah,yaitu diubah kompos,"paparnya.

Diceritakan lagi oleh Si Ketut Wirama bahwa desa Cemagi memiliki luas wilayah 4,58km2 dan lahan untuk pertanian 320 hektar dengan jumlah penduduk 5.208 jiwa.terdiri atas 12 Banjar  dinas yaitu Banjar Batan Tanjung, Banjar bale agung, Banjar sengguan, Banjar petapan, Banjar mengening, Banjar seseh, Banjar sogsogan, Banjar  Pengayehan, Banjar sangiangan, Banjar  Tangkeban, Banjar  keliki, dan Banjar Kaja Kangin," terangnya.

Perbekel Desa Cemagi Si Ketut Wirama  mengatakan,bahwa pihaknya selalu menghimbau pada masyarakat, setelah pandemi covid-19 ini pemerintah memberlakukan kebiasaan normal baru artinya warga masyarakat dalam beraktivitas akan selalu tetap waspada dalam melaksanakan kegiatannya, dengan kebiasaan yang baru seperti cara bepergian selalu pakai masker, cara bersalaman, cuci tangan pakai sabun, serta jaga jarak sosial distancing, itu semua tetap dilakukan sesuai protokol covid-19,"terangnya.
Setelah dikompirmasi oleh wartawan media patroli.Com diruangan kerjanya Si Ketut Wirama, mengatakan selain sektor pertanian Desa Cemagi juga ada Obyek Wisata Pantai Cemagi, Pantai Cemagi memiliki daya tarik wisatawan Domestik dan Asing dengan keindahan pasir pantai yang bersih alami,  ombaknya bergelombang cocok untuk spot hobi surving, serta sunrise matahari terbenam sungguh mempesona, selain itu disiapkan juga warung dipinggir pantai yang menyajikan berbagai macam jajanan Bali sebagai ciri khas seperti nase Selo, ikan cumi bumbu pedas manis, klepon, dan es jus segar, es kelapa muda dll. Disiapkan pula bagi pengunjung yaitu lahan parkir yang luas dan aman dijaga pecalang desa adat  serta ada kamar mandi Umum, semua di upayakan oleh Pemdes bekerjasama dengan Desa adat untuk kemajuan ekonomi desa Cemagi yang sejahtera dan mandiri,"tutupnya.

Wartawan : Rudi Media Patroli.

No comments

Powered by Blogger.