Sosialisasi Balai Besar Kartini di Kabupaten Kediri

Kediri_Koran Patroli.com. Kementerian Sosial melalui Balai Besar Kartini Temanggung melakukan sosialisasi tentang program dan kegiatannya, di Aula Dinas Sosial Kab. Kediri kamis 17 September 2020. 

Data tahun 2018 di kab Kediri tercatat 5000 lebih penyandang disabilitas. Dan sebagian besar belum mendapatkan pelayanan dan rehabilitasi baik dari pemerintah maupun dari swasta. Dan hal ini disebabkan kurangnya pemahaman dan pengetahuan masyarakat tentang disabilitas, utamanya disabilitas intelektual. Sehingga penyandang disabilitas intelektual masih rentan. termarjinalkan dan rata rata hidup dalam kemiskinan. Ditambah dengan meluasnya pandemi covid 19, semakin sulit bagi penyandang disabilitas intelektual dan keluarga untuk memenuhi kebutuhan sehari hari. Disamping itu adanya pergeseran paradigma terkait pelayanan dan rehabilitasi sosial sehingga muncul kebijakan baru di Kementerian Sosial yaitu Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI). Hal itu berimplikasi adanya perubahan kegiatan di UPT Kementerian Sosial termasuk Balai Besar Kartini Temanggung.

Mencermati hal tersebut Balai Besar Kartini Temanggung melaksanakan kegiatan sosialisasi guna memberikan informasi dan mengedukasi sekaligus memotivasi seluruh elemen masyarakat supaya semakin memahami dan bergerak bersama memberikan pendampingan, perhatian dan memberdayakan mereka dan keluarganya. Selaras kebijakan Kementerian Sosial, Balai Besar Kartini Temanggung memiliki tugas pokok memberikan Asistensi Rehabilitas Sosila Penyandang Disabilitas Intelektual. Dengan kegiatan ATENSI Berbasis Keluarga, ATENSI Berbasis Komunitas dan ATENSI Berbasis Residential.

Sosialisasi dihadiri oleh  perwakilan dari guru- guru SLB Kab. Kediri,  Paguyuban Disabilitas Kab. Kediri (PDKK), Relawan Gotong Royong, Asistensi Penyandang Disabilitas Berat (APDB), Perangkat Kecamatan dan desa, Dinas Pendidikan, TKSK, Pendamping Disabilitas dan Dinas Sosial Kab. Kediri

Tindak lanjut sosialisasi ini berupa diskusi bersama untuk menentukan dan memastikan kegiatan yang akan dilaksanakan bersama antara Balai Besar Kartini dengan masyarakat Kab. Kediri yang dikawal penuh oleh Dinas Sosial kab. Kediri di tahun 2021.

No comments

Powered by Blogger.