Disepanjang Aliran Sungai Truko Desa Karangsari Dinas PU Pengairan & Pokmas Subur MakaryoTanam Ratusan Bibit Durian

BANYUWANGI_Koran Patroli. Penanaman ratusan bibit durian disepanjang  aliran sungai truko, Desa Karangsari, Kecamatan Sempu bersama DPD Walantara Kabupaten Banyuwangi, Pokmas Subur Makaryo, Dinas PU Pengairan dan Dinas Lingkungan Hidup berjalan lancar(17/10/2020).

Seperti diungkapkan, Ketua DPD Walantara Banyuwangi, Edhi Prasetyo SH mengatakan, kegiatan ini merupakan langkah preventif secara optimal dalam menjaga ekosistem keberadaan sumber mata air, antisipasi longsor dan merupakan reboisasi yang sangat besar manfaatnya bagi masyarakat khususnya yang ada disekitar lingkungan truko, Desa Karangsari.

" Kami dari lembaga konservasi akan selalu mendukung dan secara bertahap terus melakukan konservasi dan penanaman berbagai macam jenis bibit," Terangnya.

Begitupula disampaikan Ketua Pokmas Subur Makaryo, Eko Wahyu Hidayat Amd menyampaikan bahwa penanaman bibit durian ini sangat besar manfaatnya bagi masyarakat. Selain bisa diambil buahnya, namun keberadaan pohonnya bisa menjaga abrasi dan sumber mata air tetap terjaga kelestariannya.

Terpisah, Dinas PU Pengairan dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) yang saat itu hadir di prosesi penanaman sangat mengapresiasi atas upaya yang telah dilakukan Pokmas dan DPD Walantara bersama segenap element masyarakat untuk secara sukarela melakukan penanaman. Hal ini merupakan suatu langkah tepat dalam melakukan penghijauan dan bisa menjadi percontohan bagi wilayah lainnya.(edi/team)

No comments

Powered by Blogger.