KADES SARIMUKTI TINGKATKAN PEREKONOMIAN WARGA MASYARAKAT LEWAT INFRASTRUKTUR JALAN DAN PEMBANGUNAN KANTOR DESA.

Cipatat, Bandung barat_koranpatroli.com


Lima tahun sudah kepala desa sarimukti (Didin Robana) memimpin, Tugas yang sangat berat setelah dia terpilih menjadi kepala desa sarimukti di tahun 2015 Ahir, karena waktu itu desa sarimukti dinyatakan desa tertinggal, dengan luas wilayah 932 Hektare dan tidak tersentuh semua oleh pemerintahan sebelumnya.

Hingga sekarang Didin Robana, bisa merubah infrastruktur, menata, membangun jalan desa sarimukti dengan hitungan perubahan 85% . Tujuan Didin Robana membangun jalan-jalan kampung, yang sekarang jadi bisa di lalui mobil, adalah ingin meningkatkan perekonomian warga masyarakat. 


Saat di temui di kantor desa Sarimukti, Kamis (11/02/21), Didin Robana menceritakan.

 "Kalo kita melihat ke belakang dulu, sebelum desa sarimukti di pimpin saya, desa sarimukti dinyatakan desa tertinggal, dengan kita semangat bekerja keras, seluruh pemerintah desa, baik dengan lembaga, kita bekerjasama, kita minta dukungan personal terhadap masyarakat, kita akan merubah desa sarimukti, menjadi desa yang berkembang, jadi yang dulu desa tertinggal, dan tidak terjangkau oleh pemerintah, tuturnya.

  "Alhamdulillah ketika kita gebrakan baru kita bekerja dari 2015 ahir, dan di penghujung tahun kita akan berakhir juga, kita kalkulasikan menjadi perubahan di angka 85%.
Ketika kami bersosialisasi dengan masyarakat, ini jalan harus bangun, untuk menambah ekonomi masyarakat, aksesnya untuk menambah kenyamanan masyarakat nah itu kita buka semua, yang dulunya tidak masuk motor, mobil, nah sekarang bisa di rasakan oleh masyarakat," Tuturnya.

 "Yang dulu sarimukti di musim kemarau itu, pada ke kali, ada yang ke kali cimeta, akhirnya kita membuka terobosan baru, kita membuka lahan sumur bor, ya Alhamdulillah, sampai tahun 2020 kemarin, kita sudah melakukan pengeboran air di 40 titik sumur bor,  yang sekarang di kelola oleh masing-masing RW," imbuhnya.

Masih lanjut Didin "maka kami berharap, setelah desa berkembang ini, insyaallah kalo kita di beri umur yang panjang, dan perangkat exsis bekerja, kami menargetkan, di tahun 2023 nanti,  walau pun saya sudah berenti, kalo seiring sejalan dengan saya sekarang itu, insyaallah sarimukti jadi desa maju," tegasnya.

 Lanjut Didin, "Dan saya berharap kembali, bahwa di tahun 2024-2025 itu, kalau kita sukses, meningkatkan perekonomian masyarakat, maka Sarimukti akan menyatakan sebagai desa mandiri, itu tujuannya, targetnya itu, harus seperti itu," tegasnya.

 Masih menurut Didin, "Ya sekarang lah kita harus bekerja keras, bersama pemerintah yang ada, bersama perangkat, bersama lembaga, juga masyarakat, karena kami mempunyai slogan, (Sarimukti ngahiji, ngawangun lembur,) jadi berkat bersatunya, antara pemerintahan dan masyarakat, ya alhamdulillah, sekarang lah hasilnya seperti itu," terangnya.
 
Masih kata Didin, "Untuk sekarang kenapa saya bangun terus kantor desa sarimukti, ini buat kenyamanan masyarakat untuk pelayanan, pembuatan segala aspek, baik itu pelayanan KTP/KK dan lain sebagainya.  Nah makanya kami berharap kantor pemerintah desa ini, menjadi barometer, harapannya seperti itu," imbuhnya.

"karena kami punya lahan, Lanjut Didin, "Ya insyaallah juga dengan hadirnya TPA di sarimukti, maka budget anggaran kita di atas rata-rata, Alhamdulillah kita bersyukur, sama Allah karena, dengan hadirnya TPA insyaallah membawa berkah bagi desa kami," pungkasnya.

Jurnalist: Asep cayana



No comments

Powered by Blogger.