Satgas Ingatkan Pers Jadi Sumber Terpercaya Informasi Covid

Jakarta_KoranPatroli.com

Jubir Satgas Covid Wiku Adisasmito memberikan keterangan penanganan covid-19, Selasa (29/12). (Biro Setpres/Rusman)Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 mengingatkan pemerintah dan pers Indonesia untuk menyampaikan informasi akurat di tengah pandemi virus corona. Satgas berharap upaya itu dapat dilakukan sehingga kedua elemen dapat menekan kegelisahan warga di tengah pagebluk.

"Saya berharap pemerintah dan pers Indonesia dapat terus bekerja sama memberikan informasi kepada masyarakat sebagai salah satu upaya mengeliminasi keresahan masyarakat di tengah masa pandemi yang sulit ini," kata Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito dalam konferensi pers yang disiarkan melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (9/2).

Lihat juga:Jokowi Janjikan 5 Ribu Wartawan Divaksin Covid Akhir Februari
Wiku menilai masih banyak peredaran kabar burung alias hoaks di tengah masyarakat yang dikhawatirkan dapat membuat pemahaman keliru soal Covid-19.


"Saya berharap di tengah maraknya informasi simpang siur dan hoaks yang beredar seputar Covid-19, rekan pers dapat membantu pemerintah untuk menjadi sumber informasi terpercaya dan pada akhirnya membantu percepatan pengentasan pandemi Covid-19 di Indonesia," kata dia.

Sebelumnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjanjikan vaksinasi Covid-19 untuk wartawan pada akhir Februari. Dia menyebut wartawan jadi salah satu kelompok yang masuk gelombang pertama vaksinasi.

Hal itu ia sampaikan saat menghadiri peringatan Hari Pers Nasional di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (9/2). Jokowi mengatakan jatah vaksin untuk wartawan sedang diproduksi.

Jatah untuk wartawan termasuk dalam 12 juta dosis yang sedang diproduksi PT Bio Farma (Persero).

Lihat juga:Istana: Pemerintah Butuh Kritik yang Pedas dan Keras
Dalam kesempatan itu, Jokowi juga menegaskan pemerintah tetap menanti masukan dari pers dalam penentuan kebijakan. Jokowi menuturkan, pers punya peran penting dalam pembangunan bangsa. Mantan Wali Kota Solo berharap pers terus memberi masukan konstruktif pada pemerintah.


No comments

Powered by Blogger.