SEJUMLAH RUMAH DAN INFRASTRUKTUR DESA DI WILAYAH KECAMATAN PADALARANG RUSAK PARAH AKIBAT HUJAN DERAS

 


Padalarang, Bandung barat_koranpatroli.com

Hujan deras di Hari minggu sore (12/04/2021) yang mengguyur daerah kecamatan padalarang, Kabupatén Bandung barat, mengakibatkan bencana di beberapa titik atau desa, terutama yang paling parah Rumah rusak berat di Kp Sudimampir Rw 02 Rt 01 desa padalarang.

Terpantau awak media PATROLI Rabu (14/04/2021) Banjir bandang menimpa Rumah milik seorang warga sudimampir (Ade omon) rusak parah dan korban luka anaknya tertimpa reruntuhan mengakibatkan patah tulang punggung, bagian ding-ding samping rumah jebol dan jumlah kerugian materi belum terhitung.

Di katakan Bapak ade omon kepada media PATROLI, pihak koran baru menerima bantuan materi sejumlah 2 juta dari pihak pemerintah desa, dan menurut korban tidak akan cukup untuk membangun kembali dengan jumlah uang 2 juta.

"Kepada pihak pemerintah terkait saya mohon bantuannya, karena ini murni bencana, dan Alhamdulillah pihak desa pak kades udah ngasih uang 2 juta, tapi dengan jumlah uang 2 juta itu pasti ga bakal cukup untuk memperbaiki rumah yang rusak parah," ungkapnya.

 "Apalagi anak Bapak harus di bawa ke rumah sakit, kena reruntuhan tangannya patah, belum barang-barang pada rusak tapi ga apa lah, itu mah, ini aja rumah bapak rusak bukan karena perorangan tapi rusak karena bencana alam," tuturnya.

 "Harapannya dari Bapak, mohon belas kasihan dari pihak pemerintah terkait agar bisa membantu, karena kalau harus memperbaiki sendiri bapak dari mana, bapak udah tua," imbuhnya.

Tidak hanya wilayah desa padalarang yang terkena bencana, infrastruktur desa Kertamulya juga mengalami kerusakan di beberapa titik, termasuk rumah rusak berat dan rusak ringan.

Saat ditemui camat padalarang (Dudi supriyadi) dikantor camat padalarang Beliau menjelaskan terjadinya bencana yang terjadi di wilayah kecamatan padalarang.

"Pada hari Minggu tepatnya tanggal (11/04/21) sekitar pukul 15,00 bahwa untuk di wilayah padalarang, hususnya beberapa desa, yaitu di desa Cipeundeuy, Kertamulya, Padalarang, Jayamekar, Ciburuy, Tagogapu, juga campakamekar, bahwa telah terjadi hujan angin yang cukup besar sehingga berdampak pada kehidupan masyarakat, dengan datangnya banjir bandang," tuturnya.

 "Dan alhamdulillah dari beberapa kejadian itu tidak ada korban tewas, hanya korban luka, dan beberapa kerugian-kerugian matrial dari beberapa rumah termasuk di desa padalarang di kp Sudimampir Rw 02, itu semuanya sudah kami tindak lanjut berdasarkan laporan dari kepala desa yang disampaikan pada kami, dan kami himpun setelah kami himpun kita teruskan ke BPBD kabupaten, untuk mendapatkan bantuan sesuai dampak bencana," terangnya.

Dudi juga berharap, "mudah-mudahan apa-apa yang menimpa kepada kita, itu ada hikmah yang dapat kita ambil, dan itu menjadi bahan perhatian bagi semuanya dan mudah-mudahan masyarakat yang terdampak oleh bencana pada hari minggu kemarin, mendapatkan kesabaran dan segala bentuk kerugian semua itu segera mungkin dapat terpulihkan kembali," pungkasnya.


Jurnalist: Asep Yana.

No comments

Powered by Blogger.