TOKOH ADAT MELAKUKAN UPACARA KESELAMATAN ADAT DI TAMBANG EMAS KAKU LEA BUMI

 


Buru_KoranPatroli.com

   DAVA , 2/4/2021 Bertempat diatas tambang emas Kaku Leabumi para t okoh Adat bersama tokoh pemuda adat, beserta beberapa anggota masyarakat.adat ikut melaksanakan acara upacara keselamatan adat di Tambang Emas Leabumi , dikarenakan paska selama beberapa tahun tidak ada aktifitas yang menonjol di areal tambang tersebut .

  Akibat dari tidak ada aktifitas yang menonjol maka Tokoh adat yang merasa bahwa Tambang Leabumi merupakan hak ulayat masyarakat adat yang pernah memberikan sumber kehidupan yang baik ,ditahun 2011 yang tren disapa dengan nama tambang emas Gunung Botak dan tempat tersebut juga sangat diangap sakral bagi masyarakat .


Maka selaku tokoh adat yang paham.benar tentang kesakralan sudah seharusnya melakukan acara upacara keselamatan kepada Tuhan Yang Maha Esa dan jiwa leluhur yang mendiami tempat tersebut , untuk bisa menjaga , menjauhi segala sesuatu kejadian dari masyarakat yang ingin mencari sesuap nasi karna terdesak dengan kebutuhan ekonomi Pasca pendemi COVID 19 serta demi untuk membiayai anak - anak dalam bangku pendidikan dan juga menyongsong bulan suci ramahdan serta lebaran . 

  Acara upacara tersebut dilakukan sesuai tradisi yang sudah terjadi sejak turun temurun yang mendiami pulau buru ini yaitu pemasangan dua bendera kain Merang dan Kain Botit ( KAIN MERAH dan KAIN PUTIH ) yang terpasang pada tiang kayu. dan juga tempat siri pinang ( FUA BURAT ) serta rokok ( BAKU ) sebagai tanda adat dan sesajian kepada jiwa leluhur acara tersebut diakhiri dengan BABETO ( SMAKET ) yang dilakukan oleh para tokoh adat ditambang Kaku Leabumi .

   Para tokoh adat yang hadir dalam acara keselamatan adat ditambang emas Leabumi tersebut antara lain ".

1. Manaliling Besan ( HINOLONG BAMAN )

2 , Abdullah , Wael ( RAJA PETUANAN KAYELI )

3 , Yohanis , Nurlatu Kep Soa ( MATETEMUN )

4 , Haris , Lakbual Kep Soa ( MATLE WAILUA )

5 , Kasim , Belen Kep Soa ( MA DAVA )

6 , Leta Besan Kep Soa ( FURSI BAMAN )

7 , Anthon , Solisa Kep Soa ( FURSI MUAL ) 

8 , Kader , Waedurad Kep Soa ( MATLE WAEDURAT)

9 , Wabesa , Dawan ( PERWAKILAN KEP SOA MATLE FUMAE )

10., Manahelo , Tihun ( WAKIL MATE WIDIT )

11, Mat , Wael , Kep Soa ( KAWASAN LELE ) 

12 , Mansuar , Wael Kep Soa ( SEGET KOTBESY )

13 , Ibehenka , Tihun ( TOKOH PEMUDA )

14 , Muhamad , Belen ( TOKOH MASYARAKAT )

15 , Pati , Wael ( PEMUDA ADAT DUSUN KOTBESY )

   Salah satu tokoh Kep Soa Kasim Belen saat diwawancarai oleh salah satu awak media Surat kabar KORAN PATROLI , Com di daerah ini mengatakan " Beta dan para tokoh adat , bapak Hinolong datang ke tambang emas Leabumi bukan untuk membuka tambang tetapi kami datang untuk membuat acara keselamatan adat , untuk menjaga keselamatan masyarakat karna masyarakat didesak dengan kebutuhan ekonomi dan juga mengingat puasa dan lebaran sehingga masyarakat ingin melakukan aktifitas secara manual seperti kodok - kodok dan badulang .

    Disinggung mengenai tambang emas gunung Leabumi akan dibuka oleh para tokoh adat dengan tegas Kep - soa Kasim Belen mengatakan " Belum ,,,,,,,,, nanti kalau mau buka secara resmi itu kami para tokoh adat tetap bersama - sama dengan pemerintah pusat dan pemerintah daerah ( PEMDA KAB BURU ) . Sehingga jangan sampai ada yang tanggapi bahwa kami para tokoh adat ini mengambil sikap untuk membuka TAMBANG EMAS GUNUNG LEABUMI tetapi kami para tokoh adat cuma membuat keselamatan untuk rakyat karna rakyat sudah mencari nafkah ditambang emas gunung Leabumi .


Reporter ,,, JHON K MANUPJTTY

No comments

Powered by Blogger.