Harapan Camat Padalarang Terkait Pilkades Serentak Di Kabupaten Bandung Barat Terutama 4 Desa Di Padalara



Padalarang, Bandung barat_koranpatroli.com

Sebanyak 41 Desa di Kabupaten Bandung Barat (KBB) akan menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak  pada 29 Agustus tahun 2021.

Termasuk di wilayah kecamatan Padalarang ada 4 desa yang mengikuti pilkades Serentak yaitu, Desa tagog apu, Ciburuy, Kertajaya, Laksanakan mekar. 


Saat di temui di ruang kerjanya camat Padalarang Dudi Supriadi, S,sos Senin (07/6/2021) berharap pilkades serentak nanti berjalan dengan aman dan tertib, serta menjalankan protokol kesehatan.

"Terkait pilkades yang saat ini, InsyaAllah akan dilaksanakan sesuai dengan agenda kabupaten Bandung barat yaitu pertanggal 29 Agustus 2021, harapan kami di wilayah kecamatan Padalarang itu berjalan dengan aman, tertib dan terlaksana apalagi saat ini dikaitkan dengan penanganan pandemi Covid-19, jadi tidak berdampak terhadap meluasnya pandemi Covid-19," Tuturnya. 

"Kemudian disisi lain Demokrasi juga berjalan sesuai dengan idealnya, artinya seluruh aspirsi masyarakat berkaitan dengan pemilihan kepala desa ini berjalan dengan baik," harapnya. 

Untuk saat ini alur pilkades itu sendiri menurut Camat Padalarang, belum dilaksanakan dan harus melalui tahapan-tahapan dan ada beberapa tahapan. 

 "Pertama mungkin untuk masalah perses atau alur   dari perjalanan kepala desa ini terus terang sampai saat ini sebetulnya belum mulai dilaksanakan, artinya saat ini itu baru tahapan persiapan, kaitan dengan masalah penyusunan rencana Anggaran biaya dan bagaimana teknis untuk pencairan anggarannya itu sendiri," ungkapnya. 

"Kemudian yang kedua, kita juga belum menempuh daftar pemilih tetap di masing-masing desa artinya, seharusnya yaitu langkah-langkah yang harus kita tempuh dulu, kemudian setelah itu baru ada pendaftaran calon kemudian ada tahapan seleksi, kemudian ada tahapan kampanyeu setelah itu baru ada pemilihan pada hari yang ditentukan," paparnya. 

Lanjut ia, "Untuk saat ini masih dalam dataran persiapan, adapun halal yang muncul ataupun opini yang berkembang di masyarakat berkaitan dengan pemilihan kepala desa ini, saya kira saat ini kita masih dalam kondisi yang landai, hanya asomsi-asomsi masyarakat saja ataupun mungkin opini-opini yang lain saja yang menceritakan bahwa kegiatan yang ada didesa-desa kita itu ramai dan lain sebagainya pasti juga dirasakan oleh desa-desa di kecamatan yang lain," Imbuhnya. 

Camat Padalarang berpesan untuk semua masyarakat yang berminat untuk mencalonkan diri di pilkades agar menjaga keamanan dan menjaga fanatisme pendukung. 

 "Kami berpesan untuk warga masyarakat yang berminat jadi bakal calon kepala desa ataupun selanjutnya calon kepala desa, untuk senantiasa menjaga keamanan dan ketertiban, menjaga fanatisme pendukung kemudian untuk menjaga pula tata etika dan prilaku pada saat proses kegiatan pemilihan kepala desa ini berlangsung," tandasnya. 

 "Dan barangkali kita harus mengedepankan saling hormat menghormati antara peminat bakal calon kepala desa yang satu dan yang lainnya, supaya masyarakat kita tetap berjalan dengan kondisi tenang dan tidak muncul hal-hal yang mungkin terjadi kericuhan di masyarakat," pungkasnya. 


Reporter: Asep cahyana
Editor.     : Muhendi.S.Kom.i

No comments

Powered by Blogger.