PENERTIBAN PEGAWAI KELUYURAN DAN NONGKRONG DI JAM KERJA

 Manggar- Beltim, Koranpatroli.com,

Tim gabungan dari Satuan Polisi Pamong Praja, Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Inspektorat, Dinas Komunikasi dan Informatika, Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik serta Bagian Hukum Sekretariat Daerah menyisir tempat keramaian dan warung kopi di seputaran Kecamatan Manggar,Beltim Kamis (3/6/21).   Tim yang dibagi dalam tiga regu ini mencari ASN dan non ASN di Pemkab Beltim yang kedapatan sedang berada warung kopi atau tempat keramaian di luar kantor saat jam dinas. Jika ketemu, maka oknum pegawai yang bersangkutan akan dicatat untuk selanjutnya diberikan pembinaan.


“Hari ini kita turunkan tiga regu. Masing-masing regu sudah dibagi ke tempat-tempat mana saja yang  potensial dijadikan tempat oknum pegawai pada jam kerja nongkrong atau berkeliaran,” ungkap Zikril, Kepala Satpol PP Belitung Timur.

Bila kedapatan pegawai yang berkeliaran di luar tempat wilayah kerjanya tanpa seizin pimpinan atasan masing masing, maka akan langsung dimonitor dan ditertibkan.  

“Misalnya bukan petugas yang tupoksinya di luar kantor ada di luar kantor, atau sebaliknya, yang harusnya tugas ke lapangan kok tidak turun ke tengah lapangan publik. Kita lihat tupoksinya dulu,” jelas Zikril.  

Mantan Kepala BKPSDM Beltim itu menyatakan data ataupun temuan lapangan yang didapatkan dari kegiatan hari ini sedang diolah bersama oleh tim dari OPD masing-masing yang nanti akan disampaikan dulu kepada pimpinan OPD terkait.

“Kita juga sudah memintakan data tingkat kehadiran pegawai di OPD masing-masing yang tentunya unit manajemen kepegawaian OPD masing-masinglah yang sangat paham tingkat disiplin dan keaktifan pegawainya dalam melaksanakan tugas rutin sehari-harinya,” kata Zikril.

Terkait tindakan hasil temuan pegawai yang kedapatan di lapangan, menurut Zikril akan segera disampaikan kepada Kepala OPD yang bersangkutan.

“Masih dalam kategori pelanggaran ringan yang kita dapati hari ini. Misalnya pegawai yang sedang beli sarapan ke warung, adalah beberapa yang sudah kita data,” ujarnya.

Ditambahkannya lagi, kegiatan pemantauan ini akan secara rutin dilaksanakan baik oleh Satpol PP maupun tim, untuk meningkatkan disiplin pegawai di Pemkab Beltim.

“Ini giat rutin yang kita tingkatkan frekwensinya, bertepatan juga dengan program 100 hari kerja Kepemimpinan Kepala Daerah. Di tupoksi Satpol PP pada program Peningkatan  Disiplin Aparatur. Pada jadwal berikutnya kita monitor tempat dan sasaeam berbeda,” tambah Zikril. (@2!/Hen).

No comments

Powered by Blogger.