Kadis Lingkungan Hidup Beserta Camat Padalarang Hadiri Kegiatan World Cleanup 2021.



Padalarang, Bandung barat_koranpatroli.com


Dalam rangka kegiatan World Cleanup Day (WCD) Tahun 2021 Kabupaten Bandung barat, puluhan orang dari berbagai komunitas mengikuti bersih-bersih sampah sepanjang jalan raya padalarang yang di mulai dari halaman Ramayana padalarang minggu (12/09/2021)


Terpantau awak media koranpatroli.com kegiatan yang dimulai di halaman Ramayana Padalarang dan berlanjut melakukan aksi bersih-bersih sampah di TPA liar ini juga dihadiri Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bandung Barat, Camat Padalarang, Sekcam Padalarang, dan juga Kepala Desa Kertamulya.

 

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bandung barat (Anugrah-red) mengatakan acara bersih-bersih sampah dan pisah-pisah sampah ini merupakan dalam rangka World Cleanup Day tahun 2021 yang acara puncaknya nanti di Cisarua.



“World Cleanup Day ini dimulai dari Kecamatan Padalarang, Alhamdulillah dari mulai Pak Camat, pak Kades dan berbagai Komunitas Lingkungan memulai pisah-pisah sampah,” tuturnya. 


Lanjut Anugrah, dimulai dari lingkungan sekitar dan juga nanti bisa disosialisasikan di lingkungan masyarakat, di pabrik-pabrik, di Rw-Rw di wilayah-wilayah yang memang banyak sampah.


“Saya harapkan mungkin nanti dari komunitas ini bisa kepada masyarakat sekitar sehingga sampah-sampah yang ada di sekitar padalarang ini bisa diangkut dan bisa bersih lingkungannya,” harapnya. 


Lebih lanjut ia menjelaskan, pada kesempatan ini mungkin tidak semua wilayah di padalarang tidak bisa dilayani jadi cuma sebagian kecil wilayah yang bisa dilayani, diharapkan dari desa, masyarakat, nanti mengelola sampahnya sendiri melalui bank sampah, sehingga nanti sampah-sampah disini tidak menjadi masalah.


“Pemerintah Kabupaten Bandung barat sangat mendukung acara seperti ini, mudah-mudahan nanti kedepannya wilayah padalarang ini bisa bersih dari dari sampah," ucapnya.


Ditempat yang sama, Camat (Padalarang Dudi Supriadi) mengucapkan terima kasih kepada Plt. Bupati Bandung barat, Kadis Lingkungan Hidup KBB, rekan-rekan semua para relawan. Karena kehormatan yang sangat luar biasa rangkaian pertama World Cleanup Day tahun 2021 ini dilaksanakan di Padalarang.


“Mudah-mudahan ini menjadi sebuah pengingat kepada masyarakat bahwa bagaimana pentingnya menjaga kebersihan yang ada dilingkungan kita,” ungkapnya.


Dudi berpesan untuk warga masyarakat agar membuang sampah pada tempatnya dan harus menjaga lingkungan di sekitar kita. 


“Untuk masyarakat Padalarang buanglah sampah pada tempat yang semestinya dan kita harus senantiasa menjaga lingkungan kita, dan insya alloh lingkungan menjaga kita semuanya,” pungkasnya.


Ditempat terpisah kepala desa kertamulya Farhan Fauzi S,com, sangat menyambut dengan baik Terkait kegiatan di hari kebersihan sedunia. 


"Terkait world Cleanup Day kita menyambut dengan baik dimana komitmen atau peringatan ini harus di turunkan oleh kita sebagai pemerintah desa kepada masyarakat terkait hari kebersihan sedunia, Mudah-mudahan hari ini menjadi spirit bagi masyarakat untuk bisa mengingat hari, dan kebersihan di wilayah masing-masing," tutur Fauzi. 


Terkait tumpukan sampah di Cikuray tepatnya di pinggir jalan raya padalarang, Fauzi membantah itu bukan warganya yang membuang karena pemerintah desa sering memergoki warga luar yang buang sampah sambil lewat. 


"Sebetulnya di wilayah Kertamulya ini sudah memiliki tempat sampah masing-masing adapun dengan adanya tumpukan sampah disini ini bukan warga kami, karena kitapun beberapa kali memergoki warga dari desa lain, membuang sampah sambil berangkat kerja, sambil lewat membuang sampah disini, sehingga nanti kami akan memasang spanduk untuk tidak membuang sampah disini," tandasnya. 


Fauzi berharap warga masyarakat bisa lebih menjaga lingkungan dari sampah di wilayah kertamulya dan komitmen menjaga kebersihan. 


"Mudah-mudahan masyarakat bisa lebih memperhatikan mengenai kebersihan di wilayah kertamulya  kebersihan pun ini adalah salah satu hal yang memang menjadi komitmen kita dalam rangka menangani berbagai permasalahan di wilayah desa kertamulya," pungkasnya. 



Reporter: Asep cahyana.

Editor : Muhendi. S. Kom.i

No comments

Powered by Blogger.