Kapolres Bolmong.Proses Pengamanan Kegiatan Masyarakat Di Perkebunan Bolingongot desa Toruakat Sesuai PROTAP.



BOLMONG sulut koranpatroli com


Menyoroti berbagai pemberitaan dan tudingan miring seputar kinerja Polres Bolmong dalam mengamankan kegiatan masyarakat desa Toruakat di perkebunan Bolingongot yaitu pemasangan patok tapal batas desa Toruakat kec.Dumoga dan desa Mopait kec.Lolayan, sehingga terjadi bentrokan akibatnya seorang warga desa Toruakat lelaki AD (43)thn meninggal dunia. 


 Hal ini ditanggapi serius oleh Kapolres Bolaang Mongondow  AKBP Dr. Nova Irone Surentu.SH.MH.



Dalam  penjelasan kepada  para media, mengatakan bahwa proses pengamanan yang dilakukan oleh anggota Polres Bolmong terhadap kegiatan masyarakat di perkebunan Bolingongot yang akan memasang patok di tapal batas dengan desa Mopait kec.Lolayan sudah sesuai Prosedur Tetap   ( PROTAP ) sebagaimana yang diatur dalam Peraturan Kapolri (PERKAP) nomor 1 Tahun 2009 tentang Penggunaan Kekuatan dalam tindakan Kepolisian ,,ungkapnya..


Lanjut menjelaskan, bahwa dasar dilakukannya pengamanan oleh personil Polres Bolmong adalah Surat Permohonan Bantuan Pengamanan  dari Pemerintah Desa Toruakat yang ditandatangani oleh Kepala Desa.


Atas dasar surat Permohonan kepala desa itulah, diterbitkan Surat Perintah kepada (51) personil Polres Bolmong untuk melaksanakan tugas pengamanan.


Sebelum dilakukanya  kegiatan pengamanan pada hari senin tgl 27 september 2021 seluruh personel laksanakan apel di Mapolres Bolmong dan diberikan arahan serta pengecekan semua perlengkapan yang diperlukan. 


Diwaktu yang sama sekitar (60)orang masyarakat desa Toruakat yg akan memasang patok batas,

Dikumpulkan untuk diberi arahan  oleh Kabag Ops AKP.M.ALI TAHIR SH. Dan Kepala Desa. Tentang mengkonsumsi miras, melakukan tindakan anarkis, serta perbuata" ysng melanggar hukum selama kegiatan pemasangan patok.


Pengamanan kegiatan kepads masyarakat desa Toruakat Polres Bolmong bekerja sama dengan Polres Kota Kotamobagu dipimpin Kabag Ops Kompol JOHAN DAMOPOLII. Yang menghimbau kepada personel Polres Kotamobagu dalam melaksanakan tugas pengamanan mengedepankan  pendekatan persuasif "tuturnya ,,


Kapolres Bolmong  pada achir penjelasan mengatakan bahwa terkait yg terjadi di lokasi perkebunan Bolingongot antara masyarakat desa Toruakat  dengan klpok/buruh pd PT BDL pihak nya semntara mengumpulkan bukti" ttg penyebab kematian serta para pihak" yg terlibat.


Diharapkan kepada semua pihak bersabar dan berikan kesempatan kepada kami untuk mengungkap kasus ini menjadi jelas,,Tegasnya.(red)

Editor ; Muhendi. S.Kom.i

No comments

Powered by Blogger.