Pernyatan Sikap Forum pemuda Peduli Jakarta (FPPJ) Hasil seminar : Mengukur 4 Tahun Pencapean Kinerja Gubernir Anies.

                   

 

jakarta . PATROLI. COM . Bismillahirrahmanirrohim.                              

Tidak terasa 4 Tahun Sudah Lamanya Gubernur Anies Baswedan Memimpin Jalanya Pemerintahan Provinsi Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta Mengusung Slogan Maju Kotanya Bahagia Warganya" Maka Hasil Pemilihan  Kepala Daerah . ( Pilkada) 2017.Telah Mengemanahkan Kepada Beliau Organisasi Pemerintahan   Daerah  Beserta Seluruh Perangkatnya Dan juga Seluruh Keuangan Daerah Untuk Dapat Digunakan Dengan Tujuan Utama Menghadirkan Kesejahteraan  Masarakat DKI Jakarta Yang Berlandaskan Kepada Pancasila Dan Undang- Undang Dasar 1945.        



Penyerahan Amanah Ini Tentunya Tidak Berjalan Tanpa Pertanggungjawaban. Dalam Aturan Tata Klola Pemerintahan. Eksekutif Diwajibkan Untuk Menyampaikan Laporan Pertanggungjawaban Penggunaan Anggaran Daerah Kepada Legislatif   Setiap Tahun. Namun. Tak jarang Sifat Politik Praktis Yang Tumbuh Di Kebun Sirih Melahirkan Distorsi Informasi Yang Diterima Masarakat. Perbedaan  Kepentingan Politik  Antara  Wakil Rakyat Melahirkan Perbedaan Informasi Pula Kepada Masarakat.Atas Satu Objek Kebijakan Yang sama.


Berangkat Dari Kondisi Inilah Forum  Pemuda Peduli Jakarta ( FPPJ) Sebagai Perwujudan Masarakat Sipil Yang Memiliki Kesadaran Akan dampak Program- Program Pembangunan Bagi Masarakat Tergerak Menjembatani Komunikasi Pemerintah Dengan Masarakat Yang Semata- Mata Bertujuan Menghadirkan Informasi Yang Objektif Dan jauh Dari Kepentingan Pragmatis bagi publik Jakarta. 


Dalam bacaan dan Kajian  FPPJ Terhadap 4 Tahun Kepemimpinanya Gubernur Anies Telah berasil Melaksanakan Hampir  70 %  dari Rencana Pembangunan Jangkah menengah Daerah. Diantaranya program OK OC. KJP Plus.Pembebasan  PBB dan Lain Sebagainya. Meskipun Menjadi Catatan Tersendiri mengenai Efektifitas eksekusi Program Dalam  RP JMD  tersebut seperti Tingkat Hunian Rumah DP 0 persen yang hingga Saat ini Masih kecil. 


Selain itu FPPJ juga merasa puas dengan pembangunan infra struktur Yang di lakukan pemprov DKI yang memadukan antara kebutuhan dengan keindahan. kehadiran setasiun Pasar senen atau tebet yang nyaman di gunakan serta Menyenangkan untuk dipandang Seolah menambah kualitas Kepercayaan diri dan kebahagian  sebagai orang Jakarta. 


Apresiasi juga  FPPJ  berikan atas Keindahan dan kenyamanan beberapa Shelter Busway  yang Secara tidak langsung Telah mendorong masyarakat untuk menggunakan  muda transportasi umum yang juga Berimbas pada pengurangan kemacetan di Ibu kota.

 Jelanjutnya FPPJ juga turut memberikan apresiasi atas berbagai perhargaan yang diterima oleh pemprov DKI.Baik darai organisasi atau instusi dalam  dan luar negri terhadap keberasilan Pemprov DKI Semisal 21 Heroes 2021 Oleh Lembaga Internasional Transformative Urban Mobility Initiative (TUMI) yang menobatkan Deretan Gubernur Dalam Deretan 21 Orang Pahlawan Transportasi dunia. Demikin Pula dengan Opini Wajar Tanpa pengecualian (WTP)  dari badan pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia yang telah diterima pemprov DKI 4 tahun berturu - turut sebagai indikator sehatnya Tata kelola keuangan Pemprov. Demikian pula dengan penilaian BPS tentang indeks tertinggi yaitu Sebesar 89,21 % Yang menandakan Bahwa kehidupan demokrasi di jakarta dapat diklola dengan baik oleh pemprov beserta jajaranya.dan penghargaan lain sebagainya.


Hal yang tak kalah pentingnya Yaitu pandemi Covid- 19. FPPJ Memberikan penghargaan dan apresiasi atas keberasilan Pemprov DKI  Dalam upaya memutus mata rantai penyebaran Covid -19 di jakarta. Apresiasi juga FPPJ  berikan atas keberasilan pemprov dalam melakukan Vaksinasi terhadap warga Jakarta. yang hingga saat ini telah mencapai 100 % dan merupakan angka tertinggi di indonesia Menurunya angka Positif rate serta jumlah kematian masarakat yang terpapar Covid menjadi salah satu indikator positif upaya pemprov dalam melindungi segenap warga jakarta. FPPJ meminta pemprov untuk mulai menata ulang dampak turunya yang di hasilkan imbas pandemi seperti masalah ekonomi dan pendidikan yang saat ini masih menjadi masalah khusus dan membutuhkan perhatian serius.


Terkait dengan polemik Formula E,  FPPJ merekomendasikan agar perhelatan internasional tersebut dapat di gelar pada tahun 2022 selain persiapan fisik. pemprov berkewajiban untik mempersiapkan mental masyarakat dengan memberikan informasi yang terang benderang mengenai dampak positif yang akan di dapatkan oleh masyarakat dan kota jakarta imbas pelaksanaan kegiatan tersebut. menjadi tantangan tersendiri bagi pemprov untuk dapat merealisasikan berbagai keuntungan kualitif dan kuantitatif mometum balab internasional tersebut.


Dalam upaya mempercepat Realisasi program-program pemerintah maka partisipaso publik menjadi salah satu kunci .oleh karnanya efektitas komunikasi organisasi perangkat daerah dengan kelompok  masyarakat harus semakin di gencarkan pelibatan masyarakat akan melahirkan Rasa memiliki warga terhadap kota.


Seiring dengan telah di sepakatinya antara eksekutif dan legislatif mengenai revisi Rencana pembangunan jangka menengahDaerah (RPJMD) maka FPPJ menyebut baik sekaligus memahami Dasar dilaksanakannya revisi tersebut akibat pandemi Covid -19 FPPJ menuntut keseriusan dari seluruh stake holder agar tahun terakhir kepemimpinan Gubernur Anies Baswedan Point-Point dalam RPJMD tersebut dapat direalisasikan seratus persen dengan aktifitas seribu persen.


Demikian catatan dan rekomendasi FPPJ. Atas 4 tahun kepemimpinan Gubernur Anies Baswedan . semoga Tuhan Yang Maha Esa  Senantiasa Melindungi dan membimbing jalan kita .


Atas Nama Forum Pemuda Peduli Jakarta.


Endriansah

Ketua Umum.

(singgih j)

No comments

Powered by Blogger.