Berangkat Dari Guru RA Hingga Menjadi Kades, Berharap Perubahan Untuk Warga Desa Brambang Diwek Jombang.






Nur Rochmah, S.Psi Kepala Desa Brambang Kecamatan Diwek Kabupaten Jombang Jawa Timur, sosok perempuan penerus R.A Kartini (emansipasi wanita).

Perempuan yang berangkat dari seorang Pengajar Pendidikan RA Miftahul Huda Dusun Gedangan Desa Ngudirejo, atas Dukungan dan Doa dari semua warga, khususnya Di Desa Brambang Kecamatan Diwek, beliau sekarang menjabat Kades Perempuan kedua sesudah Kades Hj. Luluk Muallafah dari periode sebelum masa jabatannya, berangkat atas dasar dilamar oleh warganya untuk mencalonkan Kades.

Berasal dari keluarga bukan darah biru, bukan pula keluarga Ningrat, Nur Rochmah berasal dari keluarga biasa dan suami pun pedagang cendol, tapi tekad dan niat untuk membuat Desa Brambang bisa jauh lebih maju, Desa kecil yang bisa menjadi contoh di lingkup Kecamatan Diwek. Desa yang mempunyai potensi usaha dan pengusaha tempe rumahan (home industri) bagi mayoritas warganya.




Nur, sapaan akrabnya bangga sekarang bisa mengemban Amanah dari Warga Desa Brambang, warga Desa Brambang berkeinginan ada perubahan untuk Desanya. Dan warga yang mencalonkan dirinya menginginkan bukti bukan janji.

Dengan mengucap kata Bismillah, semoga Kades Nur bisa mewujudkan dan bisa merealisasikan apa yang diharapkan oleh warganya. baik dari segi sosial, infrastruktur, pembangunan SDM dan memajukan usaha yang ada di Desa Brambang.

Warga sangat berharap pada Kades Nur Rochmah, S.Psi, Desa Brambang dibawah kepemimpinan beliau, warga bisa lebih mendapatkan kesejahteraan sosial, aman, damai dan guyup rukun bersama - sama membangun serta memajukan Desa selama 5 tahun kedepan (masa jabatan Kades Nur).

Pada Tahun 2020 - 2021 warga Desa Brambang mendapatkan bantuan sosial dari Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah Kabupaten Jombang, Kades Peran serta menyalurkan bantuan tersebut secara transparant kepada Warga Penerima Manfaat (KPM), dan bagi warga yang tepat sasaran.

Adapun bantuan sosial bagi warga yang sudah pernah disaluran Pemerintah Desa Brambang yaitu BLT-DD, BPNT, Bansos, BST. selain bantuan sosial, Pemdes Brambang juga membangun infrastruktur fisik Jalan untuk memperlancar perekonomian bagi warganya.

Desa Brambang adalah Desa yang kecil dengan jumlah penduduknya kurang lebih 2000 jiwa, Desa damai tersebut terbagi menjadi 3 Dusun yaitu Dusun Brambang, Dusun Pranggang dan Dusun Legarang.

Warga Dusun Brambang Desa Brambang Kecamatan Diwek, rata - rata mayoritas pengusaha tempe, dan usaha tersebut home industri, dan sebagian warga pengusaha tempe tersebut mendapat perhatian dari Pemerintah Desa Brambang.

Untuk bisa memajukan badan usaha yang sekarang dikembangkan oleh warga Brambang, Pemerintah Desa Brambang bisa memfasilitasi usaha tersebut pada Instansi terkait, baik dari Disperindag, Disnaker dan Dinas Sosial Kabupaten Jombang.

Tahun 2021 ini, Dusun Legarang Desa Brambang lah yang menjadi prioritas untuk pembangunan fisik berupa rabat cor bahu jalan, dengan panjang yang direncanakan ialah 277 meter (2 sisi) dari sumber Dana Desa (DD) tahun 2021.




Harapan Nur, untuk tahun - tahun selanjutnya, semoga bisa melayani dan jadi pengayom untuk warga Desa Brambang, supaya harapan dan cita - cita warga bisa menjadi kenyataan bukan sebatas angan - angan untuk Desa kecil yang sangat sejahtera. (hdk).

Editor : Ester Mardiana.p

No comments

Powered by Blogger.