Kadis PUTR Angkat Bicara Terkait Pemberitaan Jalan Rusak, Yang Di Alih Pungsi Menjadi Jalan Kabupaten: Masyarakat Harap Bersabar



Cikalong wetan, Bandung barat_Koranpatroli.com

Kepala Dinas PUTR Kabupaten Bandung barat yang dikenal  (Abah Ridwan) angkat bicara terkait berita yang beredar dengan judul "Pemda Kabupaten Bandung ambil alih jalan Desa menjadi jalan Kabupaten, Dibiarkan rusak" Yang tayang senin 24/07/2023.


Menurut Kadis PUTR kepada awak Media patroli saat di temui lapangan, menurutnya Desa itu sangat bersyukur Dinaikkan status pungsi karena bisa mengurangi beban ketika anggaran Desa turun. 


"Terkait dengan status alih pungsi jalan, sebetulnya Desa itu sangat bersyukur di naikan status pungsinya, artinya ketika anggaran Desa yang ada tidak berpikir lagi untuk ruas jalan tersebut, sementara  di naikan status pungsi jalan itu tidak sederhana, di kaji lagi oleh provinsi untuk pungsinya, baru pungsinya sudah di setujui baru statusnya kita naikin," ujarnya rabu 26/07/2023.


Lanjut Ridwan "Kaitan dengan pembangunan-pembangunan ini sangat luar biasa untuk wilayah Kabupaten Bandung barat saja kita menggawangi 580 km, itu sewaktu saya menghitung 560 kilo meter saja sekitar 9 triliun, dengan APBD yang terbatas harus bertahap jadinya, jadi wilayah jalan yang kami gawangi itu tidak hanya di Cikalong wetan tersebar di 16 Kecamatan dan itupun kondisi jalanya 30 persen rusak berat, jadi ada skala prioritas," paparnya 


"Dan kami juga dari Dinas PUTR akan mengeluarkan Anggaran di luar APBD, itu selain dari DAK Dana lokasi khusus dari kementrian juga dari Bantuan keuangan provinsi itu yang mungkin bisa mengurangi beban kami dengan APBD yang sangat terbatas ini," ujarnya. 


Disinggung masalah keuangan Pemda lagi Defisit jika bertambah jalan Kabupaten jadi tambah beban Pemda Kadis PUTR mengatakan menurutnya. 



"Sebetulnya ga juga gimana pintarnya juga mencari Anggaran keluar DAK, sementara yang di Rende Mandalamukti juga kan dari DAK dengan Cipeundeuy, kita kemarin ke kementrian ahirnya di Anggarkan melalui anggaran dari Kementrian jadi kita tidak mengandalkan APBD," jelasnya. 


Pesan buat Masyarakat Desa Rende juga Desa Cikalong wetan dari Kadis PUTR yang melintasi jalan tersebut harap bersabar. 


"Untuk Masyarakat yang di Desa Rende juga Desa Cikalong di mohon sabar, kita lagi mengelola data mendata, mana yang rusak berat kita data dan InsyaAllah nanti tahun depan dari mulai sekarang saya mengusulkan anggaran dari Kementrian dan Bantuan Keuangan dari provinsi," pungkasnya.


Jurnalis: Asep cahyana.

No comments

Powered by Blogger.