RSUD Jombang Gelar Talkshow, dr. Joko Pratomo SpOG : Diabetes Melitus Pada Bumil Sangat Rentan Timbul Masalah Bagi Bayi.

 



Jombang, koranpatroli.com_Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Jombang  gelar talkshow bersama dr. Joko Pratomo, SpOG melalui Hubungan Masyarakat (HUMAS) dengan agenda "Humas RSUD Jombang menyapa". Untuk mengenali diabetus melitus pada kehamilan.


Dalam talkshow dijelaskan bahwa Diabetus Melitus  pada ibu hamil sangatlah rentan untuk timbulnya  masalah pada bayi sejak dalam kandungan sampai dengan lahir da,n juga pada ibu hamil tersebut ketika masih hamil sampai dengan setelah melahirkan. Hal hal yang bisa terjadi pada janin misalnya keguguran berulang, kelahiran prematur, kematian janin dalam kandungan, kelainan bawaan dan gangguan pernafasan sesaat setelah lahir. Bahkan bisa terjadi gangguan metabolik setelah itu.


"Pada ibu bisa terjadi obesitas, peningkatan tekanan darah, beban jantung yang meningkat, dan memberat ya diabetes setelah melahirkan, " ujar dr Joko. 


 Maka dari itu, dr Joko juga  mengigatkan "Agar melakukan pemeriksaan sebelum hamil untuk mengetahui kesiapan ibu untuk hamil, baik secara klinis maupun psikis. Setelah hamil,  sering kontrol ke faskes tingkat satu atau puskesmas untuk mendeteksi kelainan / komplikasi sejak dini , " tambahnya. 


Masih tambahnya bahwa Ibu hamil agar sering  melakukan konsultasi ke poli kandungan RSUD Jombang pada jam kerja di hari senin hingga jumat, pada pukul 07.00 WIB hingga 12.00 WIB dan untuk tidak segan segan kolsutasi pada dokter atau faskes tingkat 1 untuk bisa mengetahui sejak dini apa yang menjadi kendala pada waktu persalinan.


Diujung acara dr. Joko Pratomo, SpOG menekankan agar ibu hamil yang menderita Diabetes untuk tetap optimis melakukan pemeriksaan kehamilan sehingga secara fisik dan mental siap untuk bersalin tanpa ada kendala sedikitpun. (adv) 

Editor : Ester Marfiana. P



No comments

Powered by Blogger.