Kepemerintahan Desa Kampungbaru Rencanakan "Desa Lengkap" Dengan Program PTSL.


     Foto diambil pada saat sosialisasi PTSL


Nganjuk,koranpatroli.com_Kepemerintahan Desa Kampungbaru, Kecamatan Tanjunganom, Kabupaten Nganjuk rencanakan "Desa Lengkap" melalui program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di Tahun 2024, hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Desa Susilo Dwi Prasetyo pada Senin (25/03/2024) diruang kerjanya. 

Kepada media, Susilo mengatakan bahwa dirinya mempunyai program "Desa Lengkap" yang artinya semua warganya telah memiliki lahan bersertifikat atau mempunyai produk hukum yang jelas. 

"Desa Lengkap adalah program pemerintah se-jawa timur, dan baru terdapat di satu desa di wilayah madiun, " ujarnya

Susilo juga mengatakan bahwa untuk menuju Desa Lengkap pihaknya sudah mempersiapkan dari tahun lalu.

"Kami telah mempersiapkan 1000 bidang, sehingga warga yang belum pecah waris bisa menyelesaikan semua persyaratan tanpa ada kendala, " tuturnya lagi. 




Masih ujar Susilo, bahwa tujuan dari program tersebut adalah agar warga memiliki kekuatan hukum yang jelas terkait tanah yang dimiliki dan jika sudah menjadi Desa lengkap secara otomatis dapat meminimalisir sengketa dari mafia tanah.

"Masyarakat juga menjadi Sejahtera perekonomiannya," ujarnya kembali.

Diketahui bahwa Desa Kampungbaru mendapatkan program PTSL tahun 2024 dengan kuota 1000 bidang dan sesuai kesepakatan bersama Pokmas desa tersebut menentukan biaya Rp 450 ribu perbidang. 

"Biaya tersebut sudah mencakup keseluruhan, " tambahnya. 

Susilo juga mengatakan jika panitia meminta biaya lebih dari kesepakatan agar melaporkan ke pihak desa. 

"Jika ada yang meminta uang diluar kesepakatan, beritahu kami, maka saya sendiri yang akan melaporkan ke pihak berwenang, " pungkas Kepala Desa.


Reporter : Ester Mardiana. P

No comments

Powered by Blogger.