Bupati jombang Hj. Mundjidah Wahab Beranda Ingatkan Kewajiban Kepala Desa

Jombang_KoranPatroli.com

  Bupati Jombang, Hj. Mundjidah Wahab mengingatkan kepala desa agar kreatif dan inovatif dalam menjalankan tugas, kewajiban dan kewenangannya untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

“Jika mampu menjalankan kewajibannya secara baik dan tertib, para Kepala Desa akan memanen banyak pahala,”kata Mundjidah, saat mengisi Peningkatan Kapasitas Kepala Desa di Ruang Bung Tomo Pemkab Jombang.

Pelatihan diikuti semua Kades se Kabupaten Jombang dalam dua gelombang. Sebagian kades mengikuti Selasa, (06/04/2021) dan sebagian lagi pada Rabu, (07/04/2021). Sementara itu, untuk Narasumbernya sama yakni dari Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda). Yakni Bupati, Kapolres, Dandim, Ketua DPRD dan Kepala Kejaksaan Negeri.

Bupati Jombang, Hj. Mundjidah Wahab juga mencontohkan gerakan bahagia bersama tetangga pada bulan Ramadhan nanti. Para kades menggerakkan masyarakat untuk membantu buka dan sahur bagi warga yang tidak mampu.

“Nanti akan kita cek, apakah setiap desa sudah membentuk panitia gerakan bahagia bersama tetangga,”tegasnya.

Bupati Mundjidah Wahab juga mengatakan, kades wajib membuat laporan setiap tahun dan dilaporkan ke Bupati, BPD, serta masyarakat. ” Makanya ada desa yang bikin papan pengumuman APBDes,”terangnya.

Orang nomor satu di Pemkab Jombang ini menjelaskan, desa merupakan bentuk pemerintahan yang langsung berhubungan dengan masyarakat.

”Diharapkan dengan desa yang mandiri dan tertib akan mempercepat proses pembangunan menuju masyarakat sejahtera,”paparnya.

Bupati perempuan pertama di Jombang ini juga menyampaikan sejumlah kewajiban desa lainnya, seperti desa wajib melaksanakan kehidupan demokrasi dan berkeadilan gender. Melaksanakan prinsip tata pemerintahan desa yang akuntabel, transparan, profesional, efektif, efisien bersih dan bebas KKN, serta wajib menjalin kerjasama dan koordinasi dengan seluruh pemangku kepentingan desa. ”Desa juga wajib diisi pemerintahan desa yang baik,”imbuhnya.

Sementara itu, Kepala DPMD Jombang, Sholahudin Hadi Sucipto menjelaskan, pelatihan digelar sebagai salah satu upaya memberikan motivasi dan mengingatkan Kabupaten kembali tugas pokok dan fungsi kepala desa. Sekaligus forum silaturrahmi Forkopimda Jombang dengan kepala desa, serta untuk mengembangkan kreativitas dan inovasi para kades yang terkait dengan program pembangunan maupun anggaran desa. ”Agar jika ada sesuatu hal, komunikasinya lancar,”pungkasnya.

(dodok)

No comments

Powered by Blogger.