HIMBAUAN BAGI WARGA MASYARAKAT DARI KANIT RESKRIM POLRES CIMAHI, AGAR HATI-HATI MENJELANG ROMADHON

 


Padalarang, BandungBarat_koranpatroli.com

Kegiatan penerangan hukum yang di adakan SEKDA kabupaten bandung barat bagi aparat pemerintah desa untuk masyarakat dari 3 kecamatan yaitu, kecamatan Ngamprah, saguling dan Padalarang, menghadirkan kanit Reskrim dari polres Cimahi (Iptu yuhadi)

Di sela-sela kegiatan tersebut kepada media PATROLI kanit Reskrim polres cimahi menjelaskan tentang tatacara tahapan-tahapan proses dari awal laporan masyarakat sampai penyelidikan.

"Untuk masalah penyelidikan di tingkat polri mulai dari tanggapan masyarakat ada beberapa tahap, terkait sesuai laporan dia, apakah terpenuhi unsur pidananya sesuai dengan laporan masyarakat atau tidak, Nah disitu ada tahapan kita pertama melakukan penyelidikan, penyelidikan itu melakukan klarifikasi atau undangan kepada saksi-saksi dan cek TKP setelah dari hasil penyelidikan itu, ini layak atau tidaknya untuk ke tingkat penyidikan, apabila unsur terpenuhi maka itu kami naikan ke tingkat penyidikan," tuturnya.

 "Nah pada saat di tingkat penyidikan itu, disitulah kita berupaya terus mengumpulkan alat bukti, sampai trang peristiwa yang di laporkan tersebut, kalau sudah dua alat bukti tertutupi maka proses selanjutnya kita melakukan pemanggilan terhadap tersangka, pertama kita panggil tidak hadir kedua tidak hadir, maka kita tetapkan DPO (Daftar pencarian orang) dan kita tetap terus mencari sampai pelaku kita tangkap," ungkapnya.

Saat di tanya angka kriminalitas di wilayah polres Cimahi saat sekarang.

 "Memang kalau untuk kriminalitas hususnya polres Cimahi (kota cimahi) memang kita kemarin sempat ada beberapa kejadian, untuk saat sekarang yang paling rawan itu penjambretan sama curanmor udah rutin itu di wilayah cimahi dan sekitarnya, jambret sama pembegal, terutama menjelang bulan romadhon ini memang sangat rawan," terangnya.

Lanjut iptu Yuhadi, "oleh sebab itu kita sudah membentuk team dari polres Cimahi yang di pimpin langsung oleh Kasat Reskrim, untuk mobael memberi himbauan kepada warga masyarakat jangan terlalu sampai malam nongkrong atau apa, untuk menghindari hal-hal yang tidak di inginkan," imbuhnya.

Menurut iptu yuhadi, Untuk memberi himbauan, menjelang bulan suci Ramadhan seluruh anggota Reskrim dan anggota Sabhara akan berkolaborasi patroli.

 "Untuk masalah himbauan itu untuk kita polres Cimahi sendiri memang kita pokus untuk di kota Cimahi, namun untuk wilayah itu kan ada polsek nah biasanya seluruh anggota Reskrim maupun polisi yang lain sabhara kolaborasi menjelang bulan puasa ini biasa lebih di rutinkan lagi untuk Patroli, untuk yang pelosok-pelosok dan itu selalu nanti dari polres sendiri yang akan berkoordinasi dengan polsek," paparnya.

Kanit Reskrim polres Cimahi menambahkan utuk warga masyarakat berpesan agar senantiasa Hati-Hati dari kejahatan begal jika beraktivitas di malam hari.

Saya menghimbau kepada seluruh warga masyarakat agar berhati-hati terutama yang beraktivitas di malam hari, apabila ada orang yang di curigai atau apa, silahkan berenti dulu di tempat yang ramai, kemudian apabila terjadi sesuatu, pokuskan kendaraan yang di incar pelaku, silahkan cabut kunci kontaknya untuk antisipasi di buang aja kuncinya, agar kita ada waktu untuk mencari pertolongan," pungkasnya.


Jurnalist: Asep yana.

No comments

Powered by Blogger.