MAY DAY 2021 BURUH DUDUKI PENDOPO KABUPATEN JOMBANG.

 


Jombang_KoranPatroli.com

May Day tahun 2021, diperingati oleh Bupati Jombang, Forkopimda dan unsur Tri Partid di Pendopo Kabupaten Jombang pada tanggal 30 April 2021.

Peringatan May Day tersebut dikemas dengan kegiatan audiensi Bupati Jombang. Kegiatan dimulai tepat pukul 16.45 wib dibuka dan diawali dengan Menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya oleh seluruh hadirin, dilanjutkan dengan doa bersama yang dipimpin oleh H. Subagiyo, SH dari Serikat Pekerja SPSI, disambung Sambutan Laporan Kegiatan oleh Purwanto Kadisnaker Kab jombang dan Sambutan perwakilan Serikat Pekerja oleh Bambang Suhardhono, S.H Ketua SPSI Jombang. Sebagai selingan acara, ditampilkan visualisasi video ucapan selamat memperingati May Day, secara berurutan dari Bupati Jombang, Wakil Bupati Jombang, Ketua DPRD Jombang, Dandim 0814 Jombang, Kapolres Jombang, Sekdakab Jombang, Ketua MUI Kab jombang, Ketua Forum Pembauran Kebangsaan, Ketua Apindo, Ketua Kadin, dan Kadisnaker Kab Jombang. 

Begitu penayangan video ucapan selamat May Day berakhir, dilanjutkan dengan kegiatan Santunan untuk 10 ( sepuluh ) anak yatim piatu, yang disampaikan secara bergantian oleh Bupati Jombang Mundjidah Wahab dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kab Jombang. 

Selesai kegiatan santunan untuk anak Yatim Piatu, sesuai agenda acara dilanjutkan dengan kegiatan Sambutan Bupati Jombang dan Pemotongan tumpeng.

Namun, pada saat Bupati selesai menyampaikan santunan anak yatim piatu, tidak diduga Menteri KKP yang sore itu setelah melakukan ziarah di Ponpes Tebuireng ternyata mampir ke rumah dinas Bupati Jombang. Secara spontanitas protokol mengarahkan Bupati Jombang untuk menyambut Kedatangan Menteri KKP terlebih dahulu sebelum menyampaikan Sambutan. 

Karena pertimbangan protokoler bahwa pada saat itu telah tiba saat berbuka puasa, maka untuk melanjutkan rangkaian kegiatan May Day Bupati menugaskan kepada Asisten 1 DRS. Anwar, M.KP untuk mewakili Bupati Jombang, sementara Bupati Jombang sedang menemui Menteri KKP.

Melaui Asisten 1, Bupati Jombang menyampaikan permohon maaf kepada seluruh hadirin utamanya para Pekerja Karena tdk srmpat memberikan Sambutan arahan, dan Bupati menyampaikan ucapan terimakasih dan apresiasi kepada Buruh dan Pengusaha yang telah bersinergi mewujudkan iklim investasi yang kondusif di Kab Jombang dari sektor ketenagakerjaan. 

Setelah Sambutan Bupati Jombang yang diwakili oleh Asisten 1, dilanjutkan dengan kegiatan penutup berupa pemotongan tumpeng oleh Asisten 1 sebagai simbul tasyakuran peringatan May Day dan potongan tumpeng diserahkan kepada perwakilan Pekerja yang diwakili oleh Ketua SPSI Jombang Bambang Suhardhono, S.H.

Purwanto dalam Sambutannya melaporkan bahwa, kegiatan peringatan May day tahun 2021 berbeda dengan peringatan pada tahun 2019 ke belakang. 

" Peringatan May Day 2019 ke belakang diperingati dengan pengerahan masa Pekerja yang memenuhi jalur jln wahid Hasyim dan sekitarnya dengan kegiatan malam tasyakuran May day, Jalan santai berhadiah bagi keluarga Buruh/ pekrrja, panggung gembira, bhakti sosial donor darah dan basar", kata Cak Gempoer panggilan Akrab Purwanto. 


Selanjutnya Purwanto menjelaskan, bahwa karena pandemi covid-19 maka peringatan May Day tahun 2020 dan tahun 2021 ini dilaksanakan secara sederhana namun tidak mengurangi makna peringatan yakni kebersamaan unsur tri partid untuk mewujudkan semangat kesejahteraan Buruh, pengusaha dan masyarakat Jombang yang harus diperjuangkan bersama. 

" Peringatan may day tahun 2021 dilaksanakan dengan kegiatan Bakti Soaial pembagian paket beras kepada pekerja terdampak pandemi, dengan beras yg dihimpun oleh Panitia May day unsur tri partit dari sebagian perusahaan di Jombang ", ujar Purwanto. 

" Peringatan may day tahun 2021 dilaksanakan juga tanpa pengerahan masa pekerja dengan kegiatan audiensi Bupati Jombang dengan jumlah hadirin sekitar 100 orang", tambah Purwanto. 

Selanjutnya Purwanto menjelaskan bahwa untuk may day tahun 2021 ini Disnaker tidak menganggarkan kegiatan tersebut, Karena adanya rasionalisasi anggaran. 

Namun dengan adanya kebijakan dan bantuan dari Bupati Jombang Ibu Mundjidah Wahab, kegiatan May Day tahun 2021 dapat dilaksanakan dengan kegiatan audiensi di pendopo kab jombang. 

" Kami sampaikan ucapan terimakasih kepada Ibu Bupati atas bantuan beliau May day tahun 2021 akhirnya tetap terlaksana bahkan bertempat di pendopo Kabupaten Jombang dan dalam sejarah peringatan May day , baru tahun 2021 ini dilaksanakan di pendopo kab jombang, semoga amal Baik ibu Bupati diridhoi Allah SWT dan dilimpahkan sehat wal afiat, panjang umur dan dimudahkan dan disukseskan dalam segala urusan yang barokah dan manfaat fiddini waddunya wal akhirat ", tukas Purwanto yg disambut dg ucapan " Aamiin " secara serentak oleh hadirin.

Purwanto juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada sebagian perusahaan yang telah berpartidipasi mendukung kegiatan tersebut baik berupa Baliho yang langsung mereka pasang di beberapa titik lokasi strategis di kota Jombang, maupun berupa bingkisan makanan ringan untuk para hadirin. 

" Terimakasih kepada pimpinan perusahaan, PT. CJ FEED, PT. CJI, PT. KIMIA FARMA, PT SGS, PT PALOSARI, PT MENTARI, BP JAMSOSTEK yang telah berpartisipasi untuk mensukseskan kegiatan ini, teriring doa semoga usahanya semakin sukses untuk mencapai kesejahteraan bersama Pekerja ", tambah Purwanto. 

Sementara itu, Bambang Suhardhono selaku perwakilan Pekerja, dalam Sambutan nya membenarkan apa yg telah disampaikan oleh Purwanto. 

" Kami terimakasih atas bantuannya fasilitas dari ibu Bupati Jombang. Dan kami laporkan bawa kegiatan Disnaker semakin inovatif", kata Bambang. 

Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Bupati Jombang Mundjidah Wahab, Ketua DPRD Masud Juremi, Kajari Jombang, Dansatradar Jombang, Perwakilan Dandim dan Perwakilan Kapolres, Ketua Apindo, Ketua Kadin dan Ketua Forum Pembauran Kebangsaan Gus Zuem, unsur Dewan Pengupahan Kabupaten, Tim Deteksi Dini Perusahaan Rawan Kab Jombang, OPD terkait, dan perwakilan Serikat Pekerja/ Buruh di Jombang dan berakhir pada saat tiba buka puasa, berjalan dengan lancar dan sukses.Disnaker Jombang(dd/hx) patroli

No comments

Powered by Blogger.