CAPAIAN VAKSIN SUDAH 20,8 PERSEN DARI TARGET

 CAPAIAN VAKSIN SUDAH 20,8 PERSEN DARI TARGET

Manggar- Beltim-Koranpatroli.com – Hingga, Rabu (25/8/21), jumlah warga Kabupaten Belitung Timur yang sudah mendapatkan vaksin minimal menerima dosis pertama mencapai 21.052 warga. Jumlah ini sudah mencapai 20,8 persen dari target sebanyak 101.206 warga.


         “Ini data untuk dosis ke satu kita sampai kemarin, yang hari ini belum dihitung. Berarti kita masih perlu 80 ribuan lagi untuk capai target,” kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Beltim Supeni saat mendampingi Vaksinasi Massal di Auditorium Zahari MZ, Kamis (27/8/21).



          Untuk mengejar target 80 persen tersebut, Mak Pen sapaan akrabnya berharap agar stok vaksin dapat terus tersedia di Kabupaten Beltim. Apalagi animo masyarakat Beltim untuk vaksin sangat tinggi.


          “Kita melalui Pak Bupati terus meminta untuk mendapatkan persediaan vaksin di Kabupaten Beltim. Jadi walaupun tidak sekali datang, dropping vaksinnya dapat rutin minimal seminggu sekali,” ujar Mak Pen.


          Ditambahkannya, setelah program vaksin massal, dalam waktu dekat ini Program vaksinasi untuk anak sekolah dan ibu hamil akan dilaksanakan di Kabupaten Beltim.


          “Kita akan menggarap yang sasaran anak sekolah dengan menggunakan vaksin sinovac. Selain itu juga untuk ibu hamil, kan sekarang sudah boleh vaksin untuk ibu hamil namun tetap dengan syarat tertentu,” jelas Mak Pen.


          Vaksinasi di Kabupaten Beltim menurut Mak Pen berjalan dengan lancar dan aman. Jubir vaksin Kabupaten Beltim ini menyatakan sejak awal hingga saat ini pihaknya tidak menemukan adanya Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) baik yang sedang maupun berat.       


          “Kalau KIPI yang ringan sih ada, namun sangat kecil kasusnya. Misalnya, demam ringan, gigil atau nyeri pas di lengan habis disuntik,” ungkap Mak Pen.


          Dia pun menyarankan agar warga yang baru divaksin namun mengalami gejala tersebut agar banyak-banyak meminum air hangat dan mengkonsumsi obat penurun panas.      


     “Kalau ada gigil banyak-banyak minum air hangat. Kalau demamnya capai 38 derajat minum penurun panas. Kalau ragu silahkan datang atau kontak puskesmas yang ada di kartu vaksin,” saran Mak Pen.(Hendy).

No comments

Powered by Blogger.