Dinas Pertanian Adakan Penyuluhan PHT Pada Tanaman Tembakau



Nganjuk, koranpatroli. com_Dinas Pertanian Kabupaten Nganjuk melakukan penyuluhan Pengendalian Hama Terpadu (PHT) pada tanaman tembakau di Desa Balong Gebang, Kecamatan Gondang, Kabupaten Nganjuk pada Senin (14/8/2023).


Kegiatan ini dihadiri oleh Dinas Pertanian (Dispertan) Nganjuk. Melalui Kepala Bidang Perlindungan Tanaman, Pusat Pelatihan Pertanian Perdesaan Swadaya (P4S), Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL), beserta Kelompok Tani (Poktan) Lestari Desa Balong Gebang.


Dinas pertanian meninjau langsung dilahan tembakau, bersama Poktan Lestari.Dimana setiap kelompok mengevaluasi hasil dari pertumbuhan tanaman tembakau tersebut dan diwajibkan untuk mengamati pertumbuhan tanaman tambakau dari kelompok masing- masing.


Poktan pun diwajibkan menggambar serta menulis apa saja kendala yang terjadi pada tanaman disetiap kelompok.Seperti daun mengeriting, ulat , dan kutuk kebul menjadi salah satu keluhan para Poktan.


Agus Yuni selaku Kabid Perlindungan Tanaman, juga menjelaskan beberapa hal dengan menampilkan gambar tanaman yang terkena hama melalui layar proyektor.


Tujuan dari kegiatan PHT, memotivasi kemampuan petani dalam mengelola agroekosistem, mencegah dan menanggulangi serangan Organisme Pengganggu Tumbuhan (OPT) , serta menurunkan frekuensi penggunaan pestisida kimia dengan pestisida nabati yang berasal dari tumbuhan.(adv) 


Editor : Ester Mardiana. P

No comments

Powered by Blogger.